Korlap Aksi 1812 Pastikan Pembawa Samurai dari Pihak Provokator

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
Korlap Aksi 1812 Pastikan Pembawa Samurai dari Pihak Provokator
Kordinator Lapangan Aksi 1812, Rijal Kobar. Foto: Rahmat/Telisik

" Saya gak dapat info, masa ada yang bawa samurai. Kita biasa saja, kawan-kawan tidak ada yang bawa senjata tajam dan sebagainya. Saya yakin tidak ada. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kordinator Lapangan (Korlap) aksi 1812, Rijal Kobar memastikan pelaku pembawa pedang jenis samurai saat aksi di kawasan Monumen Nasional (Monas) bukan dari massa 1812, tetapi bagian dari provokator.

“Saya kurang tau ya, saya sangat yakin bahwa saya tidak menginginkan peserta aksi membawa senjata tajam, karena saya menghimbau kepada kawan-kawan untuk tidak membawa senjata tajam. Bisa jadi dari pihak provokator yang membawa dan mencoba provokasi,” kata Rijal Kobar kepada wartawan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020).

Lebih lanjut, Kordinator Anak NKRI ini, dirinya belum mendapat informasi terkait ada pendemo yang membawa senjata tajam jenis samurai, karena sebelum aksi dirinya sudah melarang hal tersebut.

“Saya gak dapat info, masa ada yang bawa samurai. Kita biasa saja, kawan-kawan tidak ada yang bawa senjata tajam dan sebagainya. Saya yakin tidak ada,” jelasnya.

Baca juga: Polisi Amankan Pendemo Aksi 1812 yang Bawa Samurai

Sekali lagi, ia menegaskan bahwa tidak ada seorangpun massa aksi yang di bawah komandonya membawa senjata tajam tersebut.

“Sekali lagi, kalau ada yang tertangkap membawa senjata tajam, saya yakini 100 persen itu bukan dari kami, itu bukan dari massa 1812,” tegasnya.

Sebelumnya, aparat Kepolisian berhasil mengamankan salah satu pendemo yang membawa pedang saat melakukan aksi 1812 membela Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengakui ada pendemo yang membawa senjata tajam jenis pedang. Pendemo tersebut, kata Yusri, sudah diamankan bersama barang buktinya. (B)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga