KPU Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada Telah Diproses, Prioritaskan Daerah Terjauh

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 11 Oktober 2024
0 dilihat
KPU Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada Telah Diproses, Prioritaskan Daerah Terjauh
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifudin. Foto: Erni Yanti/ Telisik

" Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifudin, memastikan bahwa kesiapan logistik untuk Pilkada 2024 sudah diproses sepenuhnya, termasuk untuk wilayah Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID– Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifudin, memastikan bahwa kesiapan logistik untuk Pilkada 2024 sudah diproses sepenuhnya, termasuk untuk wilayah Sulawesi Tenggara.

Hal ini disampaikan Afifudin setelah melaksanakan apel gabungan bersama penyelenggara Pilkada, yang dihadiri oleh KPU se-Sulawesi Tenggara serta Badan Adhoc, Jumat (11/10/2024).

"Semua logistik sudah dalam proses, seluruh Indonesia sedang dalam tahap percetakan dan validasi. Pengiriman pun sudah mulai dilakukan," ujarnya.

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Gelar Apel Siaga Kesiapan Pilkada Serentak

Afifudin juga menambahkan bahwa pengiriman logistik akan diprioritaskan ke daerah terluar dan terjauh, agar tiba tepat waktu dan menghindari keterlambatan.

Selain itu, ia menekankan pentingnya pengawasan terhadap percetakan yang menangani logistik Pilkada 2024, untuk memastikan keamanan dan kelancaran tanpa hambatan.

"Kami akan terus mengawasi vendor percetakan agar tidak ada masalah. Pengawasan juga dilakukan secara ketat. Saya sudah cek, dan nanti bisa ditanyakan langsung ke KPU Provinsi," ungkapnya.

Afifudin mengimbau seluruh penyelenggara Pilkada agar mengikuti aturan yang ada. Jika terjadi masalah, penyelenggara di daerah harus segera berkoordinasi dengan jenjang di atasnya.

"Jika ada masalah di tingkat kecamatan, segera laporkan ke kabupaten. Kabupaten melapor ke provinsi, sehingga kami bisa segera melakukan supervisi jika ada persoalan di lapangan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Sultra, Kombes Pol Tumpal Damayanus, menyatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan tim untuk mendampingi KPU Sulawesi Tenggara dalam pengecekan percetakan surat suara di Jawa Tengah.

"Tanggal 13 nanti kami akan kirim tim untuk mendampingi KPU," jelasnya.

Baca Juga: Bawaslu Ingatkan Paslon Wali Kota Kendari Tidak Libatkan Anak-Anak dalam Kampanye

Terkait distribusi logistik, pihak kepolisian akan mengawal logistik hingga ke pelabuhan Kendari. Nantinya, surat suara akan diinventarisir dan didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota.

"Polres di setiap kabupaten/kota akan mengawal surat suara ini hingga ke gudang logistik KPU di daerah masing-masing," pungkasnya.

Diketahui, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Apel Siaga Kesiapan Pilkada 2024 di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari, Jumat (11/10/2024). (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga