KPU Sebut Hanya Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Miliki Calon Independen di Pilkada

Nur Fauzia, telisik indonesia
Sabtu, 03 Agustus 2024
0 dilihat
KPU Sebut Hanya Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Miliki Calon Independen di Pilkada
Kepala Divisi Teknis KPU Sulawesi Tenggara, Hazamuddin usai diwawancarai. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menyebut hanya ada tiga kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, yang memiliki calon independen dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menyebut hanya ada tiga kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, yang memiliki calon independen dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Kepala Divisi Teknis KPU Sulawesi Tenggara, Hazamuddin menyampaikan, untuk pendaftaran perseorangan di calon gubernur tidak ada calon yang mengajukan, sedangkan untuk daerah terdapat lima kabupaten/kota yang memiliki pendaftar perseorangan.

"Diantaranya Kabupaten Kolaka, Bombana, Muna Barat, Baubau, dan Buton," jelas Hazamuddin, Sabtu (3/8/2024).

Baca Juga: Semarakkan HUT 79 RI, Dikbud Sulawesi Tenggara Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih

Kata dia, berdasarkan proses verifikasi dan dilakukan proses perbaikan administrasi dari lima kabupaten/kota tersebut, calon di Kabupaten Bombana tidak mampu melakukan proses perbaikan sehingga hanya empat kabupaten/kota yang melakukan verifikasi lanjut.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual ke-1 yang sudah dilakukan, sambung Hazamuddin, di Kabupaten Kolaka ditemukan ada kekurangan yang harus diperbaiki pada masa perbaikan, namun calon tersebut tidak memasukkan perbaikan sehingga yang bersangkutan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Baca Juga: Rakerda GIPI Bahas Pariwisata Berkelanjutan di Sulawesi Tenggara

Kemudian di Kabupaten Buton ada satu pasangan calon yang tidak memasukkan perbaikan. Berdasarkan hasil rekap yang dilakukan oleh KPU Buton, ada kekurangan dan yang bersangkutan tidak melakukan proses perbaikan sehingga dinyatakan TMS.

Saat ini hanya tiga daerah di Sulawesi Tenggara yang memiliki calon independen yaitu Kabupaten Muna Barat, Bau-bau, dan Buton. Adapun calon-calon yang dimaksud Hazamuddin enggan mengungkapkan ke publik. (C)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga