KPU Sultra Gandeng Kelurahan Wundumbatu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 08 Oktober 2021
0 dilihat
KPU Sultra Gandeng Kelurahan Wundumbatu Tingkatkan Partisipasi Pemilih
Proses MoU KPU Sultra dan Kelurahan Wundumbatu di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra. Foto: Dok KPU Sultra

" Kordiv Parmas KPU Sultra, Al Munardin menerangkan, DP3 tersebut merupakan salah satu bagian dari program KPU untuk menarik partisipasi masyarakat, program tersebut diluncurkan oleh KPU RI "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sultra bersama pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari menandatangai Memorandum Of Understanding (MoU).

MoU tersebut terkait Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Kordiv Parmas KPU Sultra, Al Munardin menerangkan, DP3 tersebut merupakan salah satu bagian dari program KPU untuk menarik partisipasi masyarakat, program tersebut diluncurkan oleh KPU RI.

"Kegiatan ini muncul karena dilatar belakangi agar masyarakat itu berpartisipasi dalam hal kepemiluan serta memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang Pemilu, baik secara kualitas maupun kuantitas," kata Almunardin, di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra, Jumat (8/10/2021).

Kata dia, program DP3 tersebut juga merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa secara berkesinambungan untuk meningkatkan partispasi masyarakat dan kepeduliannya terhadap pemilu.

"Pada intinya tujuan dari semua program-program yang diluncurkan oleh KPU bertujuan untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas, berintegritas serta bertanggung jawab," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir menyampaikan, inti dari program DP3 dalam rangka membangun kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pemilu.

Penetapan kelurahan tersebut sebagai titik program DP3 dilakukan setelah melakukan perengkingan terhadap kriteria sebagaimana terdapat dalam Juknis.

Adapun kriteria yang dimaksud adalah partisipasi pemilih rendah, potensi pelanggaran pemilu tinggi, dan juga potensi konflik tinggi, serta masuk daerah rawan bencana alam.

"Mengenai pemilihan lokasi di Kota Kendari, selain dari kriteria tersebut juga mempertimbangkan jarak dengan KPU Sultra, karena program ini dilaksanakan KPU Sultra. Sementara KPU kabupaten/kota hanya membantu mengkoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat," jelasnya.

Abdul Natsir mengharapkan, agar kegiatan itu berjalan sukses dan tentunya harus mendapatkan dukungan semua pihak. Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dari program dapat tercapai.

"Kita berharap melalui program tersebut angka partisipasi masyarakat terhadap pemilu dapat tercapai dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan," harapnya.

Menurutnya, walaupun program itu masih dalam tahap pembentukan, namun pihak KPU sangat mengapresiasi atas dukungan dari pemerintah kecamatan dan juga pihak kelurahahan yang telah ditunjuk sebagai locus program DP3 tersebut.

Senada dengan itu, Camat Poasia, Yahya mengaku, siap mendukung dan menyukseskan program tersebut sehingga apa yang menjadi tujuan utama dapat tercapai.

Yahya juga berterimakasih karena telah menunjuk Kelurahan Wundumbatu sebagai pilot projec untuk dijadikan program DP3 tersebut.

Baca Juga: Raker Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba, BNNP Sultra Sasar Dunia Pendidikan

Baca Juga: UHO Resmi Jalin Kerjasama dengan Komisi Kejaksaan RI

"Kelurahan Wundumbatu merupakan kelurahan yang baru terbentuk dari hasil pemekaran, namun untuk saat ini hal-hal yang bersifat administrasi masih bergabung dengan kelurahan induk," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Wundumbatu, Azhar menuturkan, pihaknya bersama seluruh masyarakat akan siap mendukung dan bekerjasama dengan pihak KPU untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menunjuk Kelurahan Wundumbatu sebagai locus program DP3," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh akan selalu siap dan berkoordinasi dengan pihak KPU Sultra terkait dengan hal-hal tekhnis yang berkaitan dengan program tersebut.

"Dalam waktu dekat pihak KPU bersama Kesbagpol Kota Kendari untuk melakukan sosialisasi terkait program DP3. Dalam giat tersebut seluruh pihak akan dilibatkan agar tujuan utama dari program tersebut dapat tercapai dengan baik," bebernya. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga