KSK Masih Unggul Dibanding Calon Gubernur Lain, Pengamat: Gerakan Road Show Jadi Faktor Penentu

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Sabtu, 25 September 2021
0 dilihat
KSK Masih Unggul Dibanding Calon Gubernur Lain, Pengamat: Gerakan Road Show Jadi Faktor Penentu
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Foto: Ist.

" Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Dr. M. Najib Husain baru-baru ini memberikan penilainnya terhadap beberapa figur yang mulai bermunculan sebagai bakal calon Gubernur Sultra "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulawesi Tenggara masih beberapa tahun lagi, namun beberapa tokoh telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi kandindat calon gubernur.

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Dr. M. Najib Husain baru-baru ini memberikan penilainnya terhadap beberapa figur yang mulai bermunculan sebagai bakal calon Gubernur Sultra.

Ia menilai Kery Saiful Konggoasa (KSK) berhasil membuat espektasi di masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan gerakan road show-nya di beberapa kabupaten sebagai kandidat calon Gubernur Sultra ke depan.

Dengan gerakan itu, menjadikan KSK memiliki elektabilitas teratas dibanding calon-calon gubernur lainnya.

Najib menjelaskan, hasil survei internalnya memberikan kesimpulan bahwa sampai hari ini, elektabilitas KSK belum tertandingi.

Menururnya, di titik-titik dukungan masyarakat di seluruh Sultra, hanya ada dua nama kandidat yang bergerak yakni KSK dan Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka (ASR).

Najib memastikan, untuk satu daerah yakni Kota Kendari, elektabilitas tertinggi juga masih dipegang KSK menyusul Lukman Abunawas (LA) dan Hugua.

Yang menarik, lanjut Najib, dominasi KSK juga terjadi di internal partai. KSK yang tak memegang kendali Partai Amanat Nasional (PAN) namun pengaruhnya melebihi pengaruh Abdurrahman Saleh sebagai Ketua PAN Sultra.

Baca Juga: Sarjono Kembali Pimpin PWI Sultra, Pemred Telisik.id Telipih Ketua DKD PWI Sultra

Baca Juga: Putrinya Raih Mendali Pertama untuk Sultra, Ini Curahan Hati Ayah Aurilie Dhea Meisy

"Gerakan KSK lebih dominan dibanding legalitas formal ARS sebagai ketua partai," tegas Najib.

Terlepas dari analisa Najib, posisi KSK di PAN yang kian kuat ditandai dengan kehadiran secara khusus Sekjen PAN, Eddy Soeparno di Posko Gerakan KSK menuju Gubernur di Puuwatu, Kota Kendari, pekan lalu.

Walaupun Eddy Soeparno melakukan pertemuan resmi dengan DPD PAN Konawe, namun kehadiran Eddy Soeparno diartikan banyak kalangan sebagai restu DPP PAN atas niat KSK bertarung di pentas Cagub 2024 mendatang.

"Kehadiran Pak Sekjen di Posko KSK saya kira adalah isyarat dukungan Cagub sekaligus isyarat DPP agar KSK lebih membesarkan PAN lagi. Elektabilitas KSK yang begitu tinggi nampaknya meyakinkan para pengurus DPP," kata mantan Sekum PAN Sultra, Sabaruddin Labamba. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga