Kurang Sepekan, Tiga Bupati di Sulawesi Tenggara Turun Takhta

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 19 Agustus 2022
0 dilihat
Kurang Sepekan, Tiga Bupati di Sulawesi Tenggara Turun Takhta
Bupati Bombana, Kolaka Utara dan Buton akan mengakhiri masa jabatannya kurang dari sepekan. Foto: Ist.

" Setelah masa jabatan tiga bupati tersebut berakhir, daerah yang ditinggalkan akan dipimpin oleh penjabat bupati hingga terpilihnya bupati definitif melalui Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kurang dari sepekan, tiga bupati di Sulawesi Tenggara akan turun takhta. Mereka adalah Bupati Bombana, Kolaka Utara dan Bupati Buton.

Masa jabatan Bupati Bombana dan Kolaka Utara berakhir 22 Agustus, sedangkan Bupati Buton masa jabatannya habis 24 Agustus.

Setelah masa jabatan tiga bupati tersebut berakhir, daerah yang ditinggalkan akan dipimpin oleh penjabat bupati hingga terpilihnya bupati definitif melalui Pilkada 2024.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar dan Bupati Buton La Bakry masih dapat mencalonkan kembali di Pilkada 2024. Sedangkan Bupati Bombana, Tafdil sudah tak bisa sebab sudah menjabat selama 2 periode.

Baca Juga: 3 Parpol Gagal Jadi Peserta Pemilu Menggugat ke Bawaslu

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) teleh menertibkan surat keputusan (SK) Pj bupati. Hal ini dibenarkan Pj Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio.

Tetapi Asrun Lio belum membeberkan siapa Pj bupati tiga daerah tersebut.

Baca Juga: Visi Misi Terbentuk, KIB Genjot Pembentukan Tingkat Daerah di Jawa Timur

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Muliadi yang dikonfirmasi juga enggan untuk membeberkan.

"Belum ada petunjuk dari pimpinan," ucap Muliadi, Jumat (19/8/2022).

Sebelum pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menerima SK Mendagri, telah beredar 3 nama pejabat pemprov yang disebut-sebut sebagai Pj bupati. Mereka adalah Parinringi sebagai Pj Bupati Kolaka Utara, Burhanuddin Pj Bupati Bombana dan Basiran sebagai Pj Bupati Buton. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga