Kutuk Tindakan Israel, Pimpinan DPR Desak Tragedi Kemanusiaan Palestina Segera Diakhiri

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 17 Mei 2021
0 dilihat
Kutuk Tindakan Israel, Pimpinan DPR Desak Tragedi Kemanusiaan Palestina Segera Diakhiri
Salah satu anak Palestina usai dioperasi besar di Rumah Sakit Syifa Gaza City akibat serpihan rudal Israel bersarang di perutnya. Foto: Repro Instagram

" Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala Bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial "

JAKARTA, TELISIK.ID - Invasi Israel di wilayah Palestina mendapat perhatian sejumlah pihak, termasuk dari pimpinan Parlemen Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku), Sufmi Dasco Ahmad menilai, tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina harus segera diakhiri karena tindakan kekerasan Israel terhadap warga Palestina telah banyak menimbulkan korban jiwa.

“Kita semua prihatin dengan apa yang dialami warga Palestina, sekaligus mengecam keras tindakan Israel. Tragedi kemanusiaan ini harus segera diakhiri karena sudah terlalu banyak memakan nyawa orang tak berdosa," kata Dasco dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Olehnya itu, pihaknya mengutuk aksi serangan tentara Israel terhadap warga Palestina dan tindakan tersebut bukan hanya kejahatan kemanusiaan, tetapi juga tragedi yang harus secepatnya dihentikan.

Baca Juga: DPR Soroti Pemberian Izin Masuk WNA China ke Indonesia

Ia mendesak pemerintah Indonesia untuk melancarkan protes keras dan turut berperan aktif menyuarakan kedamaian atas nama negara.

Politisi Partai Gerindra itu mengingatkan amanat konstitusi NKRI harus disuarakan dengan lantang di tingkat internasional.

"Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala Bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial," tuturnya.

Dasco meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia turut serta menyuarakan perdamaian meskipun tidak turun ke jalan, serta mendoakan korban tragedi peperangan dan mendoakan ketenteraman dunia.

Baca Juga: Airlangga Klaim Ekonomi Sejumlah Provinsi Makin Membaik, Termasuk Sultra

"Masyarakat kita jangan ikut-ikutan turun ke jalan karena kondisinya sedang banyak keterbatasan," imbuhnya.

Menurutnya, cara yang paling tepat dilakukan saat ini adalah mendoakan agar dunia senantiasa dipayungi kedamaian.

"Tidak hanya kedamaian di Palestina, tetapi juga kedamaian di Indonesia, maupun kedamaian di seluruh dunia," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga