La Ode Muhamad Isdar: Politisi Muda Kembali ke Daerah Asal untuk Bangun Perubahan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
La Ode Muhamad Isdar: Politisi Muda Kembali ke Daerah Asal untuk Bangun Perubahan
La Ode Muhamad Isdar, merupakan Ketua PC Sapma Pemuda Pancasila Muna yang juga aktif di kepengurusan DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, saat ini tengah mempersiapkan untuk tampil di Pemilu 2024 sebagai bacakeg DPRD Dapil II Kabupaten Muna. Foto: Ist.

" La Ode Muhamad Isdar, merupakan putra dari La Ode Sumbege dan Almh Wa Ode Komo yang lahir di sebuah desa kecil di Kabupaten Muna Barat, yakni Desa Madampi, Kecamatan Lawa pada 23 Februari 1990 "

MUNA, TELISIK.ID - La Ode Muhamad Isdar, merupakan putra dari La Ode Sumbege dan Almh Wa Ode Komo yang lahir di sebuah desa kecil di Kabupaten Muna Barat, yakni Desa Madampi, Kecamatan Lawa pada 23 Februari 1990.

Ia mengenyam bangku pendidikan di TK Dharma Wanita yang kemudian dilanjutkan di SDN 8 Lawa. Setelah lulus ia melanjutkan ke bangku SMPN 2 Napabhalano.

Tamat SMP, ia memutuskan untuk merantau ke Kota Kendari melanjutkan pendidikan di SMKN 2 Kendari. Tiga tahun berjalan, ia pun lulus dan berkuliah di Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Baca Juga: Kepala BKPSDM dan Camat Tongkuno Selatan Muna Terdaftar Bacaleg PDIP

Selama berkuliah, ia aktif di beberapa organisasi internal maupun eksternal. Ia pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasisa Mesin (HMM) pada 2011-2012. Selain itu, Isdar juga pernah menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Teknik pada periode 2013-2014.

Seperti pada umumnya, organisasi kampus sering kali didirikan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk mewakili kepentingan dan aspirasi mahasiswa di dalam lingkungan kampus, sehingga ia sudah terbiasa dengan kegiatan semi politik semasa kuliah.

Selain itu, Isdar juga pernah menjadi Ketua PC SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Muna Barat pada tahun 2020-2022 dan saat ini menjabat sebagai Koordinator Devisi Pendidikan dan Pengembangan SDM KAHmi Muna Barat.

Saat ini, Isdar juga aktif di kepengurusan partai sebagai Wakil Ketua III Badiklat-Da DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara.

Berpolitik melalui organisasi, baginya dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di berbagai tingkatan untuk mendapatkan informasi, dukungan serta  peluang karier.

Ketua PC Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila Muna Barat itu juga akan tampil pada Pemilu 2024 sebagai calon anggota legislatif. Ia kerap kali membagikan postingannya tentang kegiatan organisasi di sosial medianya.

Isdar menjelaskan, meski dirinya tercatat sebagai pengurus DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, akan tetapi lebih memilih untuk berkompetisi di Dapil II Kabupaten Muna, disebabkan wilayah tersebut merupakan tempat tumbuh dan kembangnya untuk menghabiskan masa kecil hingga remaja.

"Yang paling pokok dan fundamental adalah panggilan nurani serta dukungan dan permintaan keluarga besar yang ada di wilayah Dapil II, sehingga menjadi motivasi yang besar ikut serta berkompetisi di wilayah Lasalepa, Napabalano dan Towea,’’ ujarnya.

Baca Juga: Satu Partai, Ayah dan Anak di Muna Nyaleg Dapil Berbeda

Baginya berbeda pilihan politik adalah hal biasa, berbeda pendapat dan pandangan dalam masyarakat adalah Sunatullah. Ia akan berkompetisi dengan sikap-sikap yang saling menghargai, tanpa menjatuhkan kontestan lain.

Selain itu, salah seorang pengikutnya di Facebook yang juga junior Isdar di Fakultas Teknik, Ahmad Jaylani menjelaskan, ia melihat Isdar sudah terbiasa memegang amanah sebagai ketua sebuah organisasi.

"Pemuda yang memiliki pola pikir politik yang bersih pasti akan kembali ke daerahnya lebih dulu untuk memberi pandangan baru, energi, dan ide-ide inovatif," jelasnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga