Larangan Pakai Hijab di Negara Ini Meluas, Mahasiswi Dipaksa Pilih Pendidikan atau Agama

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Larangan Pakai Hijab di Negara Ini Meluas, Mahasiswi Dipaksa Pilih Pendidikan atau Agama
Ketegangan larangan pakai hijab di India. Foto: Inilah.com

" Larangan memakai hijab bagi mahasiswi muslim di tempat pendidikan di India mulai melebar "

INDIA, TELISIK.ID - Larangan memakai hijab bagi mahasiswi muslim di tempat pendidikan di India mulai melebar. 

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, larangan penggunaan hijab bagi mahasiswi muslim terjadi di negara bagian India Selatan. Masalah ini kemudian melebar hingga negara bagian Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya.

Di sana sekelompok anak muda meminta salah satu perguruan tinggi untuk melarang pemakaian hijab. Otoritas menutup kampus-kampus di Karnataka di India selatan pekan lalu setelah kebijakan baru tentang seragam melarang pelajar perempuan memakai hijab di dalam kelas.

Larangan itu berujung pada aksi protes dari mahasiswi Muslim yang kemudian mendapat protes balasan dari mahasiswa Hindu.

Kaum Muslim mengkritik larangan hijab sebagai cara lain untuk menyingkirkan komunitas yang berjumlah sekitar 13 persen dari 1,35 miliar juta penduduk India yang mayoritas beragama Hindu.

Dilansir dari Republika.co.id, salah seorang mahasiswi Ayesha Imthiaz mengatakan larangan mahasiswi memakai hijab yang diterapkan kampusnya memaksanya memilih antara agama atau pendidikan. Perempuan berusia 21 tahun itu memakai hijab bagian dari ekspresi keimanannya pada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Perempuan di Negara Ini Dapat Duit Rp 23 Juta Jika Melahirkan Anak di Tahun 2022

"Rasa malu diminta keluar kelas karena memakai selendang di kepala oleh pejabat kampus mengguncang keyakinan saya," katanya Sabtu (12/2).

"Agama saya dipertanyakan dan dihina di tempat yang saya anggap kuil pendidikan," kata mahasiswi di distrik Udupi, Negara Bagian Karnataka tempat di mulai unjuk rasa larangan memakai hijab.

Ia menambahkan beberapa mahasiswi yang memprotes larangan memakai hijab menerima telepon ancaman. Mereka dipaksa untuk tetap berada di dalam rumah.

Baca Juga: Mohammad Bin Salman Transfer Uang Ribuan Triliun ke Dana Investasi Publik

Pejabat kampus mengatakan mereka mengizinkan mahasiswi untuk memakai hijab di kampus. Hanya meminta mereka untuk membukannya di dalam kelas. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga