Lembaga Survei JSN: Elektabilitas Golkar Bombana di Urutan Kedua

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 05 Juni 2022
0 dilihat
Lembaga Survei JSN: Elektabilitas Golkar Bombana di Urutan Kedua
Heryanto, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bombana saat menerima pataka Partai Golkar pada acara Musyawarah Daerah IV. Foto : Hir/ Telisik

" Jaringan Suara Nusantara (JSN) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara "

BOMBANA, TELISIK.ID - Jaringan Suara Nusantara (JSN) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dalam survei yang digelar pada 20 Mei hingga 31 Mei 2022, tercatat elektabilitas Golkar meningkat mencapai 28,81 persen. Angka ini menempatkan Golkar diperingkat kedua perolehan elektabilitas partai politik di Kabupaten Bombana.

Direktur Eksekutif JSN, Lery Iskandar Syamsu menyebutkan meningkatnya elektabilitas Golkar di Kabupaten Bombana dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya program kerja kepengurusan Golkar yang dinilai berhasil dan diterima oleh masyarakat luas.

Hal lain yaitu figur Ketua DPD Golkar Kabupaten Bombana, Heryanto, yang dinilai bersih dan merakyat.

"Partai Golkar di peringkat kedua, bersaing ketat dengan PAN diperingkat pertama dengan elektabilitas 30,42 persen, dan Gerindra diperingkat ketiga dengan elektabilitas 5,94 persen," kata Lery Iskandar Syamsu, Minggu (5/6/2022).

Selanjutnya diperingkat keempat Nasdem dengan elektabilitas 5,03 persen, menyusul PDIP 2,59 persen, Demokrat 2,24 persen, PKS 0,91 persen, serta PKB dan PPP 0,35 persen.

"Ada 23,08 persen masyarakat yang belum menentukan pilihan, perolehan elektabilitas partai politik ini masih bisa berubah, seiring kerja-kerja politik seluruh parpol hingga pemilu 2024," Ucap Lery Iskandar dalam laporan hasil surveynya.

Baca Juga: Bantuan Tak Merata, Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah Kota Surabaya Banyak Hilang

Sebagai catatan, survey elektabilitas partai politik oleh JSN melibatkan 1430 responden yang tersebar di 143 dari 22 kecamatan di Kabupaten Bombana, dengan margin error 2,5 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua DPD Golkar Bombana, Heryanto saat dikonfirmasi mengatakan jika lembaga survei yang akuntabel telah melakukan survei di daerah dan mendapati elektabilitas Golkar yang membaik belum bisa menjadikan kita besar kepala.

Sebab, kata dia, menghadapi Pemilu 2024 semua partai bergerak dengan strategi masing-masing. Jadi berdasarkan hasil survei yang ada saat ini, pengurus harus terus bergerak sembari mengevaluasi kinerja yang belum maksimal.

Baca Juga: Duta Wisata Wakatobi 2022 Terpilih, Ini Harapan Bupati Haliana

"Hadapi Pemilu 2024 baik pilcaleg maupun pilkada semua partai bergerak membaca peluang yang ada. Jadi jika kita sesuaikan hasil survey tesebut, kita harus terus dan terus bergerak sembari mengevaluasi kekurangan kita selama ini karena target kita mendapat kursi setiap dapil untuk di DPR dan Calon Bupati Bombana 2024," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Musdar

Baca Juga