Lepas Peserta Gerak Jalan, KSK: Jadikan Semangat Ini untuk Perubahan Konawe Maju dan Gemilang

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
Lepas Peserta Gerak Jalan, KSK: Jadikan Semangat Ini untuk Perubahan Konawe Maju dan Gemilang
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa berharap dalam kegiatan gerak jalan ini dapat memberi semangat kepada masyarakat untuk dapat bangkit menjadikan Konawe maju dan gemilang. Foto: Aris Syam/Telisik

" Melalui kegiatan gerak jalan 17 km, masyarakat Konawe agar ikut turut serta dalam membangun kembali pertumbuhan ekonomi bangsa atau daerah "

KONAWE, TELISIK.ID - Setelah serangkaian perlombaan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe dalam perayaan HUT ke-77 RI, mulai dari lomba lari karung, bola gotong dan tenis meja, kali ini giliran gerak jalan 17 km telah resmi digelar, Senin (15/8/2022).

Pembukaan gerak jalan 17 km lingkup Pemda Konawe itu dibuka langsung oleh Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) beserta tamu yang hadir, terdiri dari Sekretaris Daerah Ferdinan Sapan, anggota DPRD, Forkopimda, OPD, serta peserta gerak jalan, bertempat di halaman kantor Bupati Konawe.

Dalam sambutannya, KSK menyampaikan, jika kita mengingat kembali momen perjuangan para bangsa dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya butuh pengorbanan, baik harta dan nyawa tak terhitung jumlahnya yang diserahkan demi negeri yang mereka cintai.

"Bangsa kita sudah tidak dapat lagi menghitung pengorbanan para pejuang kita dengan gigih dan ikhlas demi satu tujuan yang sama, yaitu menjadikan bangsa kita Indonesia menjadi bangsa yang merdeka," ungkapnya.

Detik-detik Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melepas peserta gerak jalan 17 km di halaman Kantor Bupati. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Bupati Konawe dua periode itu menambahkan, untuk saat ini, sebagai penerus bangsa, ada hal yang patut dipahami bersama yakni perjuangan tentunya belum selesai. Menuruntnya, generasi sekarang berkewajiban untuk terus berjuang demi pembangunan bangsa.

"Untuk generasi sekarang terus berjuang dalam artian konteks yang berbeda," katanya.

Baca Juga: Estimasi Wajib Pilih 148 Ribu, Pilkades di Muna Masuk Tahap Verifikasi DPT

KSK pun menjelaskan, jika para pendahulu berjuang untuk merebut kemerdekaan, sementara sebagai penerus bangsa berjuang untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

"Salah satunya, bagiamana kita menjadikan bangsa atau daerah kita maju dan berkembang, sehingga dapat bersaing dengan negara -negara lain," jelasnya.

Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinan Sapan turut antusias menyaksikan para peserta lomba. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Olehnya itu, Mantan Ketua DPRD Konawe itu mengimbau kepada masyarakat, melalui kegiatan gerak jalan 17 km, masyarakat Konawe agar ikut turut serta dalam membangun kembali pertumbuhan ekonomi bangsa atau daerah.

Terlebih lagi lanjut, KSK, setelah Indonesia diterpa pendemi COVID-19 yang mengakibatkan roda perekonomian hingga ke daerah ikut terdampak. Bahkan tak hanya dari segi materil, melainkan korban jiwa ikut berjatuhan akibat virus tersebut.

Suasana pembukaan lomba gerek jalan 17 km yang dibuka oleh Bupati Konawe dengan 76 peserta. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Saya yakin kita mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Konawe yang lebih gemilang di masa yang akan datang," harapannya.

Tempat sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Konawe, Muhammad Nur mengatakan, sebanyak 67 peserta gerak jalan 17 km ikut berpatisipasi dalam kegiatan itu, terdiri dari seluruh OPD, badan, kantor, bagian, organisasi dan instansi vertikal.

Baca Juga: Lewat Jalur Ilegal, Pekerja Migran Indonesia Gagal ke Kamboja

Kemudian untuk penilaiannya, ia menambahkan, dilihat dari segi kekompakan peserta, keserasian dalam berjalan, jumlah pesertanya tidak berkurang hingga di garis finish, serta ketertiban selama mengikuti lomba.

"Rutenya start dari kantor bupati, kemudian berputar pas depan kantor Koramil Wawotobi dan kembali di sini," terangnya.

Adapun pengumumannya, pihaknya akan menyampaikan pada saat malam ramah tamah atau setelah upacara penurunan bendera merah putih di Kantor Bupati Konawe.

"Nanti segala lomba akan diumumkan juaranya di malam itu," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga