Lokasi Pasar Wakuru Dipindahkan, Pemda Muna Siapkan Rp 5 Miliar Pembangunan Tahap Awal

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Lokasi Pasar Wakuru Dipindahkan, Pemda Muna Siapkan Rp 5 Miliar Pembangunan Tahap Awal
Bupati Muna, LM Rusman Emba, saat meninjau lahan pembangunan Pasar Wakuru. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pasca terbakar 10 Oktober lalu, Pemerintah Kabupaten Muna akan membangun kembali Pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno, namun di lokasi yang berbeda "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Muna berencana akan membangun kembali Pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno, yang pada 10 Oktober lalu terbakar. Namun, lokasinya akan dipindahkan, bukan lagi pada pasar saat ini.

Alasan pemindahan, karena masih ada permasalahan di lokasi pasar. Ada warga yang mengklaim lahan pasar itu.

"Kita sementara cari lokasi. Tahap awal pembangunannya, kita anggarkan Rp 5 miliar tahun 2024," kata Bupati, LM Rusman Emba, Minggu (22/10/2023).

Menurut Rusman, lokasi pasar yang terbakar adalah milik Pemda. Namun, sudah beberapa kali akan dibangun selalu muncul masalah. Pemda bukannya takut menghadapi oknum warga yang mengklaim lahan pasar itu. Tetapi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita mundur satu langkah, bukannya takut, tapi nanti akan berkonsekuensi pada proses pembangunannya. Prinsipnya, lokasi lahan itu milik Pemda," tegasnya.

Baca Juga: Pemda Muna Siapkan Kios Korban Kebakaran Pasar Wakuru

Camat Tongkuno, Arif Wau, mengaku telah melakukan komunikasi dengan warga yang mengklaim lahan di pasar. Namun, komunikasi buntu.

"Bicara alas hak, lahan milik Pemda. Kita hanya tidak mau ada ribut-ribut," terangnya.

Untuk lokasi pembangunan pasar, direncanakan di bagian SPBU. Nah, saat ini, pihaknya sementara melakukan negosiasi dengan pemilik lahan.

Baca Juga: Bupati Muna Ingin Korban Kebakaran Pasar Wakuru Cepat Tempati Kios

Sementara itu, Kadis Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin) Muna, Hardani Muuri menerangkan, untuk menampung pedagang korban kebakaran, telah disiapkan kios sementara.

"Kita sudah siapkan kios dan listriknya," timpalnya.

Jumlah kios yang terbakar sebanyak 168. Terdiri dari 110 kios yang dibangun pemerintah dan 58 kios yang dibangun swadaya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga