Lomba Balap Perahu Warnai HUT ke-9 Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 05 Agustus 2023
0 dilihat
Lomba Balap Perahu Warnai HUT ke-9 Muna Barat
Lomba balap perahu warnai HUT ke-9 Muna Barat, bagian dari kemeriahan untuk masyarakat wilayah kepulauan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Lomba balap perahu turut hiasi perayaan HUT ke-9 Muna Barat, total hadiah dipersiapkan sebesar Rp 45 juta "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Lomba balap perahu turut hiasi perayaan HUT ke-9 Muna Barat, total hadiah dipersiapkan sebesar Rp 45 juta.

Rangkaian perayaan HUT ke-9 Muna Barat itu dirayakan tak hanya di wilayah daratan, namun juga menyasar masyarakat di wilayah pesisir dengan lomba balap perahu.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, sebagai bagian dari pembangunan daerah yang menyasar tiga wilayah besar yang meliputi daratan, pesisir dan pulau.

Maka pemerintah daerah membuat berbagai rangkaian acara yang sesuai dengan budaya di tiga wilayah besar, sehingga seluruh masyarakat yang ada di berbagai wilayah turut merasakan semarak dalam merayakan hari jadi ke-9 tahun Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga: DAK Capai Rp 15 Miliar, Dikbud Muna Barat Fokus Bangun Sekolah

Selanjutnya, rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT Muna Barat itu sesuai visi daerah yaitu barakati yang dimaksud adalah berakhlak, religius, beradat kekeluargaan, dan inovatif.

"Lomba balap perahu ini memang untuk masyarakat wilayah pesisir dan pulau," ungkap Bahri, Sabtu (5/8/2023).

Bahri katakan, lomba balap perahu turut mencerminkan mata pencaharian di wilayah kepulauan yaitu sebagian besar sebagai nelayan, sehingga ia harapkan lomba tersebut dapat memeriahkan masyarakat yang ada di wilayah kepulauan dan pesisir.

Kepala Dinas Peternakan Muna Barat, La Djono mengatakan, lomba bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar warga, baik di wilayah darat maupun kepulauan.

"Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, besok final," ungkapnya.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kuatkan Koordinasi Lembaga Penyelenggara

La Djono mengatakan, seluruh peserta yang mengikuti lomba perahu yaitu 78 kelompok, terdiri dari 37 kelas yang diikuti oleh 30 Pk sebanyak 30 kelompok, kategori 24 Pk sebanyak 40 kelompok, dan 16 Pk sebanyak 8 kelompok.

Untuk diketahui total hadiah sebesar Rp 45 juta, untuk kelas 30 Pk total hadiah sebesar Rp 18 juta, 24 Pk total hadiah sebesar Rp 15 juta, dan 16 Pk total hadiah sebesar Rp 8 juta.

Namun, Pj Bupati Muna Barat, Bahri menambahkan jumlah hadiah untuk per kelasnya, yaitu untuk juara 1 sebesar Rp 15 juta, juara 2 Rp 10 juta, dan juara 3 Rp 5 juta.

"Kemudian ada tambahan hadiah dari pak Umar Bonte," pungkas Bahri. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga