Pemkab Ambil Langkah Soal Maraknya Ilegal Fishing di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
0 dilihat
Pemkab Ambil Langkah Soal Maraknya Ilegal Fishing di Muna Barat
Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat beri edukasi terkait pengenalan perikanan berkelanjutan bagi masyarakat pesisir, di Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Napano Kusambi. Foto: Ist.

" Maraknya ilegal fishing membuat Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat lakukan edukasi pengenalan perikanan berkelanjutan pada masyarakat di Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Napano Kusambi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Maraknya ilegal fishing membuat Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat lakukan edukasi pengenalan perikanan berkelanjutan pada masyarakat di Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Napano Kusambi.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyadarkan dan memberi pengetahuan kepada masyarakat pesisir terkait pencemaran laut akibat dari kegiatan ilegal yang selama ini dilakukan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat, La Jono mengatakan, seringnya terjadi penangkapan ikan secara ilegal di lingkup masyarakat pesisir mengakibatkan rusaknya dan tercemarnya wilayah laut, maka perlunya diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang konsep perikanan tersebut.

"Ini penting dan bermanfaat, pasalnya ini merupakan tugas kita semua untuk menyelamatkan perairan," ucap La Jono, Kamis (8/12/2022).

Wilayah laut hanya butuh pelestarian dan pengawasan pemeliharaan, sehingga keberlangsungan biota laut tetap terjaga dengan baik, beda halnya dengan tumbuhan di daratan yang butuh pupuk dan segala macam jenis pemeliharaan.

Baca Juga: PGRI Muna Barat Optimis Ukir Prestasi di Porseni Konawe Utara

Untuk itu, ia mengharapkan kepada masyarakat agar menyadari dampak buruk dan bahaya dari kegiatan ilegal fishing, mengingat bagi para pelaku ilegal fishing dapat dikenakan pidana.

Ia juga berpesan untuk tidak menggunakan bahan peledak yang dapat menghancurkan karang yang menjadi benih perkembang biakan ikan, terlebih pada penggunaan trawl, penggunaan bahan beracun seperti potasium dan sianida termasuk eksploitasi hutan mangrove serta penambangan pasir secara ilegal.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Fokus Penanganan Tindak Pidana Pemilu 2024

"Kita harus tinggalkan cara-cara negatif itu, kita beralih pada cara yang ramah lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga, Jariaman mengatakan, adanya kegiatan tersebut masyarakat teredukasi dan dapat menyampaikan kepada warga lainnya bahwa kegiatan ilegal yang selama ini dilakukan sangat berbahaya dan mencemari wilayah perairan Muna Barat.

"Semoga dengan edukasi ini, kegiatan ilegal di perairan tidak terjadi lagi, agar laut kita tetap terjaga," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga