DAK Capai Rp 15 Miliar, Dikbud Muna Barat Fokus Bangun Sekolah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
DAK Capai Rp 15 Miliar, Dikbud Muna Barat Fokus Bangun Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat, Ahmad Ramadhan saat ditemui oleh awak media terkait realisasi anggaran. Foto: Ist.

" Keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 15 miliar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna Barat fokus rehabilitasi dan pembangunan gedung baru sekolah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 15 miliar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna Barat fokus rehabilitasi dan pembangunan gedung baru sekolah.

Kepala Dikbud Muna Barat, Ahmad Ramadhan mengatakan pada tahun 2023, Dikbud mendapatkan DAK mencapai Rp 15 miliar dan dana itu nantinya akan digunakan untuk rehabilitasi bangunan sekolah.

Tak hanya itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan ruang belajar baru, gedung laboratorium, serta pembangunan gedung perpustakaan.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kuatkan Koordinasi Lembaga Penyelenggara

"Dana itu masih dalam proses pencairan untuk tahap pertama," ungkapnya, Jumat (4/8/2023).

Ia juga mengatakan, untuk tahap pertama akan dicairkan 25 persen, tahap pencairan kedua sebesar 45 persen, dan tahap tiga sebesar 30 persen.

Selain itu, dana lainnya seperti dana BOS telah masuk tahap dua, maka untuk realisasi anggaran di Dikbud Muna Barat saat ini baru mencapai 30 persen.

Baca Juga: Pj Bupati Minta Rute Penerbangan Muna Barat ke Kendari

Terhambatnya percepatan realisasi anggaran disebabkan oleh dana transfer per triwulan seperti sertifikasi, tunjangan khusus, dana BOS juga tiap masuknya tiap per semester.

"Dana BOS yang sekarang menjadi dana BOSP juga hanya dua tahap per semester," pungkas Kabid Dikdas Muna Barat, Hajirun.

Namun, pencapaian Dikbud Muna Barat dari tahun ke tahun realisasi anggarannya mencapai 90 persen ke atas, seperti di tahun 2022 lalu realisasi anggaran mencapai 99 persen. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga