Lomba Mosolori Semarakkan HUT ke-192 Kota Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Lomba Mosolori Semarakkan HUT ke-192 Kota Kendari
Lomba mosolori meriahkan HUT ke-192 Kota Kendari yang diikuti 33 OPD dan 11 kecamatan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Lomba mosolori turut memeriahkan Hari Ulang tahun Kota Kendari (HUT) ke-192 di gedung balai Kota Kendari Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK - Lomba mosolori turut memeriahkan Hari Ulang tahun Kota Kendari (HUT) ke-192 di gedung balai Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Sabtu (6/5/2023).

Mosolori adalah salah satu cara membuat masakan tradisional masyarakat suku Tolaki,  yakni sagu yang dituangkan air panas hingga masak menjadi sinonggi.

Kemeriahan lomba mosolori kali ini diikuti oleh 33 organisasi perangkat daera (OPD) dan 11 kecamatan. Selaku Ketua Lembaga Adat Tolaki (LAT), Sriyastin bertindak sebagai juri penilai setiap tim yang mengikuti perlombaan.

Baca Juga: Ribuan Warga Turut Andil Jalan Sehat HUT ke-192 Kota Kendari, Staf dan Pegawai Home Kredit Raih Umrah Gratis juga Mobil

"Lomba masak ini terutama mosolori ini suatu bentuk kearifan lokal makanan tradisional, di mana sebetulnya diadakan setiap tahun namun tahun ini harapannya agar makanan khas daerah ini dikenal dan dilestarikan terus oleh generasi," ungkap Sriyastin.

Sementara seorang peserta, Erna Gomo mengaku senang dengan lomba mosolori karena dapat memperkenalkan budaya suku Tolaki.

Baca Juga: Siswa Sekolah Ikut Lomba Tari Suku Tolaki di HUT ke-192 Kota Kendari

"Karena selama ini diketahui orang-orang tertentu saja, dengan ini lebih melestarikan makanan khas daerah," kata Erna Gomo.

Antusias peserta dalam mengikuti lomba hingga diadakan 2 gelombang yang diikuti para kepala OPD yang turun langsung meracik masakan khas Tolaki itu. Mereka mengatakan ini tidak mudah sehingga perlu di lestarikan untuk menjadi kebiasaan.

"Rasanya lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya dan yang paling penting adalah kearifan lokal masyarakat suku Tolaki itu bisa juga dipahami dan dinikmati masyarakat yang lain, karena ini tidak mudah," ungkap Inspektur Kota Kendari, Syarifudin. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga