Pemkot Target Pendapatan Pajak Bumi Bangunan Rp 22 Miliar Tahun Ini

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Pemkot Target Pendapatan Pajak Bumi Bangunan Rp 22 Miliar Tahun Ini
Nampak beberapa warga sedang membayar pajak di kantor Bapenda Kota Kendari, Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Bapenda Kota Kendari akan menargetkan Pendapat Asli Daerah (PAD) untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada tahun ini sebesar Rp 22 miliar "

KENDARI, TELSIIK.ID - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari akan menargetkan Pendapat Asli Daerah (PAD) untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada tahun ini sebesar Rp 22 miliar.

Target dari sektor PBB tersebut diakui bertambah, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala Bapenda Kota Kendari, Satria Damayanti mengungkapkan, target yang akan dicapai tahun ini bertambah sebesar Rp 1 miliar jika dibadingkan dengan tahun lalu.

"Tahun kemarin sebesar Rp 21 miliar, tetapi yang teraliasi sebesar Rp 19 miliar," ucapnya, Kamis (14/4/2022).

Dalam mencapai target di 2022 ini, Satria Damayanti, akan mengoptimalkan semua potensi yang ada, termasuk melakukan perbaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di kawasan khusus yang ada di Kota Kendari. Berkaitan dengan itu, Bapenda akan memaksimalkan penagihan kepada masyarakat wajib pajak.

"Itu termasuk mereka yang menunggak pajak yang belum terbayarkan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dengan usaha yang kami lakukan itu, bisa merealiasikan target yang akan kita capai nanti," terangnya.

Baca Juga: Tahapan Seleksi Jabatan Sekda Kota Kendari Tunggu Persetujuan KASN

Tempat sama, Sekretaris Bapenda Kota Kendari, Jabar mengatakan, dari segi pelayanan PBB Bapenda, pihaknya juga memiliki layanan pajak melalui aplikasi Pajak Menyapa (jakpa). Selain dari aplikasi yang sudah ada, pihaknya mengharapkan masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak secara langsung melalu Bank Sultra.

“Kalau tidak bisa di keduanya, maka kami mengharapkan wajib pajak untuk masyarakat Kota Kendari datang langsung di kantor. Potensi dalam pencapaian target akan terealisasi secara optimal jika setiap stakeholder bisa bekerja sama," terang Jabar.

Jabar mengharapkan, untuk pencapaian target PBB tahun ini sebesar Rp 22 miliar bisa terealisasi dengan baik, sehingga tahun berikutnya akan terus ditingkatkan.

Baca Juga: Warga Kendari Terima Bansos Sembako dan BLT Minyak Goreng, Sulkarnain: Agar Tidak Ada yang Kelaparan

"Kalau target bisa kami capai, bukan tidak mungkin di tahun berikutnya akan bertambah, mungkin bisa melebih Rp 22 miliar," harapnya.

Sementara itu, salah seorang wajib pajak Jamria mengatakan, dirinya selalu runtin membayar pajak. Ia mengharapkan dengan adanya pendapatan daerah yang banyak, maka pihak Bapenda bisa memberikan terobosan terbaru dalam penggunaan uang pajak tersebut.

"Nanti dengan penggunaan uang itu bisa melengkapi fasilitas-fasilitas umum yang ada di Kota Kendari," pungkasnya. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga