Mahasiswa Demo di Gedung DPRD Sumut, Ini Tuntutannya

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Mahasiswa Demo di Gedung DPRD Sumut, Ini Tuntutannya
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat menerima aspirasi dari mahasiswa. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Ratusan mahasiswa dari Cipayung Plus menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Sumatera Utara (Sumut) "

MEDAN, TELISIK.ID - Ratusan mahasiswa dari Cipayung Plus menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/4/2022).

Massa dengan tegas meminta agar Gubernur dan Ketua DPRD Sumut tegas kepada mafia minyak goreng dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Empat poin aspirasi mereka yang disampaikan massa yaitu kenaikan harga BBM, PPN, harga sembako dan minyak goreng.

"Harga minyak goreng di Indonesia sangat melambung tinggi, sangat berbanding terbalik dengan kenyataan kita lihat kebun-kebun sawit di Indonesia ini sangat luas, apa sebenarnya di balik ini kita perlu menyuarakan ini dan perlu menegaskan di mana rakyat berada," ujar Akhir Rangkuti, salah satu kordinator aksi di lokasi.

Menurut massa, Gubernur Sumut menyebut akan menindak mafia minyak goreng dan lainnya. Namun, sampai saat ini belum ada yang ditindak.

Pihaknya berharap mafia-mafia minyak goreng dapat segera diusut oleh Pemerintah Provinsi Sumut dan DPRD.

Baca Juga: Gelar Aksi, Mahasiswa Surabaya Sebut Pemerintah Tak Pro Rakyat

"Katanya mau mengusut mafia minyak goreng. Tapi sampai saat ini kami belum melihat secara rill di mana hasil kerja itu, pelakunya saja belum ditangkap," tegasnya.

Kemudian,  Koordinator aksi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumut, Muhammad Tarmizi, masih menunggu kabar baik dari Gubernur dan Ketua DPRD Sumut.

"Untuk itu kami menunggu atas undangan Bapak Gubernur Sumut dan Bapak Ketua DPRD Sumatera Utara untuk melakukan diskusi atau pun dialog, bagaimana agar Sumatera Utara ini bisa bersama-sama kita bangun dengan melibatkan mahasiswa dan pemuda," terangnya.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting menerima langsung aspirasi dari mahasiswa. Mereka akan berkoordinasi dengan Pemprov dan Polda Sumut.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa IAIN Kendari Blokade Jalan Abdullah Silondae

"Pastinya, legislatif akan berkomunikasi dengan eksekutif dan penegak hukum untuk menindak adanya praktek mafia minyak goreng dan lainnya. Teman-teman mahasiswa kami minta untuk bersabar, pasti akan kami tindaklanjuti," ungkap Baskami.

Selain itu, Baskami mengaku akan menjadwalkan pertemuan dengan mahasiswa secara langsung di ruangan kerja DPRD Sumut.

"Untuk undangannya, akan kami jadwal, teman-teman dari mahasiswa mohon bersabar ya," terangnya. (A)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Baca Juga