Mahasiswa FPIK UHO Kendari Ikut Kompetisi Esai Nasional

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Mahasiswa FPIK UHO Kendari Ikut Kompetisi Esai Nasional
Empat universitas yang berhasil masuk tahap grand final melanjutkan proses kompetisi untuk memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Salah satu program kerja Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk mengimplementasikan indikator kinerja utama dari Kementerian, yakni diharuskan adanya mahasiswa berprestasi yang masuk dalam tingkat nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu program kerja Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk mengimplementasikan indikator kinerja utama dari Kementerian, yakni diharuskan adanya mahasiswa berprestasi  yang masuk dalam tingkat nasional.

Dari 14 universitas yang mengikuti seleksi secara online, yang berhasil masuk dalam grand finall terdiri atas 4 universitas yakni UHO, Universitas Politeknik Pangke, Universitas Hasanuddin dan Universitas Sulawesi Barat.

Dekan FPIK UHO, Asriani mengungkapkan, kompetisi esai ilmiah nasional 2023 sebenarnya bukan kegiatan yang baru diadakan, namun sudah menjadi kegiatan yang ke empat pada tahun ini.

Baca Juga: 2 Ribuan Mahasiswa Baru UHO Bakal Ikut Pemkes

"Insya Allah, tahun depan ini kami akan tetap berlanjut dan sangat besar harapan kami kegiatan ini bisa ditangani oleh kementerian. Untuk komodisi ini belum ada penalaran, jadi sangat berharap pada kementerian ikut andil di.sini," ungkap Asriani, Rabu (31/5/2023).

Penggagas dari program itu, yakni Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dedy Oetama yang mengungkapkan, diadakannya kompetisi karena lomba terkait perikanan dan kelautan cukup minim. Selain itu mendukung program kerja kementerian dan menunjang prestasi.

Baca Juga: Atlet Kempo UHO Kendari Raih 5 Medali di Kejuaraan Rektor Unhas Cup XV

"Menurut saya, peran generasi muda untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2024, adalah anak-anak yang saat ini bertanding ini akan menjadi generasi yang akan menjalankan roda Indonesia," ungkap Dedy Oetama.

Sementara juri tamu dari Universitas Brawijaya yang mengawal proses penilaian kompetisi esai Ilmiah ini mengungkapkan, semua yang melewati tahap kompetisi sudah menjadi pemenang karena tidak semua mahasiswa memperoleh pengalaman ini.

"Saya yakin sekali ini akan membawa manfaat pada kehidupan teman-teman sekalian," ucapnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga