Malam Takbiran, Pasar Tumpah di Laute Masih Sibuk

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Malam Takbiran, Pasar Tumpah di Laute Masih Sibuk
Aktivitas jual beli yang masih terjadi ada malam takbiran menjelang Idul Adha 1444 H. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok, membuat aktivitas di pasar tumpah Laute sibuk hingga malam hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok, membuat aktivitas di pasar tumpah Laute sibuk hingga malam hari.

Meski masjid di sekitar pasar dengan lantang membunyikan suara takbir, aktivitas jual beli di pasar ini masih terjadi cukup alot, khususnya untuk para pedagang kelapa yang tampak tidak berhenti mengupas kelapa dan memeras santan dari kelapa.

Hal itu terjadi karena santan merupakan salah satu bahan baku yang paling dibutuhkan oleh masyarakat untuk membuat berbagai menu masakan khas lebaran Idul Adha, seperti burasa, ketupat, dan berbagai olahan daging. Seperti yang dipaparkan Rahmawati, salah seorang pembeli santan kelapa.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Antrean di Sejumlah SPBU Kolaka Timur Meningkat

"Lagi buat santan, soalnya kalau santan sachet yang toko-toko kurang bagus rasanya, santan biasanya dipake buat bikin rendang," tuturnya sembari menunggu santan kelapa miliknya.

Selain penjual kelapa, penjual sayur dan berbagai bumbu masakan jadi juga dipadati pembeli. Bumbu masakan jadi biasanya praktis digunakan dalam mengolah berbagai masakan daging, seperti bumbu rendang dan bumbu gulai.

Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri untuk Salat Idul Adha

"Beli sayur sama bumbu jadi, buat masak besok" tutur Faradillah, salah seorang pembeli di pasar ini.

Saking sibuknya aktivitas jual beli di pasar ini, pihak Telisik.id tidak mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai pedagang yang tengah sibuk melayani berbagai pembeli.

Selain itu, banyaknya mobil yang parkir di pinggir jalan membuat lalu lintas sedikit terhambat. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga