Soal Pembatalan Proyek PLTD di Busel, Dewan Bakal Panggil UKPBJ dan PLN

Deni Djohan, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Soal Pembatalan Proyek PLTD di Busel, Dewan Bakal Panggil UKPBJ dan PLN
Wakil Ketua I DPRD Busel, Aliadi. Foto: Dok Telisik

" Agenda pemanggilan ini berkaitan dengan pembatalan lelang proyek PLTD di Kecamatan Batuatas, oleh Pokja UKPBJ Busel beberapa waktu lalu "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Wakil Ketua I DPRD Buton Selatan (Busel), Aliadi, mengaku bakal memanggil pihak Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Busel, terkait pembatalan lelang paket Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) beberapa waktu lalu.

Selain UKPBJ, ia juga bakal memanggil dinas terkait dan pihak PLN yang diketahui terlibat sebagai mitra kerja dalam kegiatan tersebut.

"Ada rencana kita akan memanggil pihak ULP (UKPBJ) serta dinas teknisnya terkait pembatalan lelang proyek PLTD di Kecamatan Batuatas. Kita juga hadirkan pihak dinas teknis dan PLN. Karena ada kerja sama dengan PLN di kegiatan ini," ungkap Aliadi kepada Telisik.id, Senin (7/2/2022).

Agenda pemanggilan ini, kata dia, berkaitan dengan pembatalan lelang proyek PLTD di Kecamatan Batuatas, oleh Pokja UKPBJ Busel beberapa waktu lalu.

"Listrik di Batuatas ini sangat dibutuhkan warga. Makanya saya akan telusuri dan mengawal proyek ini sampai tuntas," bebernya.

Ketua DPD Hanura Busel ini menduga, terdapat indikasi permainan dalam proyek tersebut. Namun dirinya tak mempersoalkan bila kegiatan tersebut diperuntukkan di wilayah lain. Pasalnya, Batuatas merupakan dapil konstituennya.

"Saya tidak akan ganggu kalau pekerjaan di kecamatan lain, tapi kalau sudah menyangkut Kecamatan Batuatas, saya akan masuk. Saya mau lihat siapa yang bermain di pekerjaan ini," tegasnya.

Baca Juga: Peredaran Narkoba Sangat Masif di Muna, Kapolres Fokus Lakukan Pemberantasan

Dijelaskan, di DPRD, bidang energi dan kelistrikan masuk dalam pengawasan Komisi III. Komisi ini diketuai, La Ode Amal. Sedang pada tingkat unsur pimpinan, komisi ini di bawah koordinator Wakil Ketua I yang tidak lain adalah dirinya sendiri.

"Jadi, siapapun yang dapat proyeknya, kami tidak persoalkan selama sesuai dengan ketentuan. Selain itu harus jujur. Tidak boleh sembunyi-sembunyi. Harus terbuka. Karena ini kalau tertutup berbahaya," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kelompok Kerja (pokja) Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), Sekretariat Buton Selatan (Busel) akhirnya membatalkan tender proyek Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: Komisi III Hearing PDAM Soal Surat Rekomendasi Hasil Penyelidikan Kejari Kolut

Dalam surat pemberitahuan elektronik tersebut, Pokja menyatakan bahwa, proyek dengan ID tender 2868719 telah dilakukan pembatalan lelang dengan alasan, perusahaan peserta tender tidak ada yang lulus evaluasi.

"Bersamaan dengan ini kami informasikan bahwa terhadap paket pengadaan di bawah ini telah dilakukan pembatalan lelang," tulis Pokja. (C)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga