Manfaat Dahsyat Mandi Air Dingin Pagi Hari

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Manfaat Dahsyat Mandi Air Dingin Pagi Hari
Meski banyak yang melewatkan, mandi menggunakan air dingin di pagi hari termyata menyimpan banyak manfaat. Foto: Repro Theasiaparents

" Seringkali kita merasa mandi saat pagi hari merupakan aktivitas yang sulit dikerjakan, namun siapa sangka hal ini justru memberi banyak manfaat "

KENDARI, TELISIK.ID - Seringkali kita merasa mandi saat pagi hari merupakan aktivitas yang sulit dikerjakan, namun siapa sangka hal ini justru memberi banyak manfaat.

Ada tiga gaya hidup sehat yang dapat dilakukan setiap orang sebelum jam 6 pagi yaitu berolahraga pagi, minum air putih serta mandi dengan air dingin. Khusus untuk mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang begitu sulit dilakukan oleh sebagian orang.

Dilansir dari bogorkab.id mandi air dingin dipagi hari akan merangsang tubuh anda untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

Selain itu dikutip dari banpas.supbang.id beberapa manfaat mandi air dingin dipagi hari diantaranya:

Baca Juga: Bahaya Suntik Putih, Bisa Merusak Ginjal

- Memperbaiki Kondisi Kulit dan Rambut

Cara ini bisa membantu melembapkan dan mengencangkan pori-pori kulit kepala. Dengan begitu, kotoran tidak mudah masuk dan memicu tersumbat pori-pori kulit. Manfaat mandi pagi juga dapat membuat kulit terasa lebih kenyal dan lembap.

- Melawan Berbagai Penyakit 

Manfaat mandi pagi dengan air dingin juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih (leukosit). Komponen darah ini memiliki peran penting dalam tubuh untuk melawan infeksi karena perannya sebagai pendukung kekebalan. 

Baca Juga: Hindari Penggunaan Earphone Saat Tidur, Ini Dampaknya

- Memperbaiki Suasana Hati

Mandi adalah kebiasaan hidup sehat yang tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran. Manfaat mandi pagi ini bisa menstimulasi titik biru dalam otak yang menjadi sumber nonadrenalin. Ini adalah zat kimia organik pada otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. 

- Membantu Mendukung Fungsi Kognitif

Manfaat mandi pagi kali ini yaitu meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal ini dapat membantu kamu berkonsentrasi, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar stres dalam tubuh. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga