10 Olahan Makan Siang Bikin Rontok Lemak Perut Membandel

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
10 Olahan Makan Siang Bikin Rontok Lemak Perut Membandel
Salad buah bisa menjadi salah satu alternatif, untuk makanan rendah kalori. Foto: Repro infopublik.id

" Beberapa menu makan siang yang bisa membantu membakar lemak perut yang membandel "

JAKARTA, TELISIK.ID - Makan siang sebaiknya tidak asal kenyang, apalagi ketika ingin menurunkan berat badan. Beberapa ide menu makan siang mungkin saja cocok untuk membakar lemak.

Sebagian orang memilih makan siang di meja kerja agar tidak kehilangan banyak waktu istirahat. Pilihan menu makanannya pun terbatas, apalagi buat mereka yang tidak sempat menyiapkan bekal. Akan tetapi, jangan sampai program menurunkan berat badan gagal gara-gara salah pilih menu makan siang.

Berikut ini beberapa menu makan siang yang bisa membantu membakar lemak perut yang membandel, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Jumat (26/7/2024).

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak sehat dan antioksidan seperti karotenoid, vitamin, dan komponen lain yang membantu mengekang nafsu makan. Menambah alpukat ke dalam menu makan siang Anda dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif.

2. Salad

Mengawali makan siang dengan salad dapat meningkatkan asupan serat dan antioksidan, yang membantu mengurangi masukan kalori secara keseluruhan. Menurut penelitian, partisipan yang makan salad sebelum menu utama mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding yang makan sayur bersamaan dengan makan utama.

Baca Juga: 5 Daun Penghancur Lemak Perut yang Mudah Didapatkan

3. Roti Biji-bijian Utuh

Roti biji-bijian utuh jauh lebih sehat ketimbang roti biji-bijian olahan seperti roti putih. Roti biji-bijian utuh mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang membuat kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk makan siang yang praktis tapi tetap sehat.

4. Apel

Apel sangat tepat dijadikan dessert untuk makan siang. Apel mengandung polifenol yang membantu meningkatkan bakteri baik di usus, sehingga bisa meningkatkan penurunan berat badan. Mengonsumsi apel setelah makan siang dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

5. Produk Susu

Yogurt, keju, atau produk susu lainnya dapat menjadi bagian dari menu makan siang. Konsumsi produk susu dalam jangka panjang berhubungan dengan perubahan komposisi tubuh, terutama pengurangan lemak dan peningkatan massa otot. Produk susu dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

6. Almond sebagai Camilan

Almond kaya akan lemak baik, protein, dan serat yang mengenyangkan. Mengonsumsi almond sebagai camilan dapat mencegah makan secara berlebih, sehingga membantu menghilangkan perut buncit. Camilan sehat seperti almond sangat efektif dalam program penurunan berat badan, bersumber dari halosehat.com.

7. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan kaya serat yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Oatmeal dapat membentuk zat yang mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Memilih oatmeal sebagai menu makan siang dapat membantu menurunkan lemak perut dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 8 Minuman Ini Bisa Menjadi Peluntur Lemak Pasca Lebaran

8. Greek Yogurt

Greek yogurt mengandung lemak dengan bakteri probiotik baik yang membantu menjaga sistem pencernaan. Mencampur greek yogurt dengan berbagai buah-buahan dapat menjadi menu makan siang sehat yang membantu menghilangkan perut buncit. Probiotik dalam greek yogurt membantu pencernaan bekerja lebih efisien.

9. Telur Rebus

Telur rebus merupakan camilan yang sehat dan kaya akan protein. Telur rebus dapat menjadi menu diet yang membantu menghilangkan perut buncit. Saat ingin mengonsumsi makanan asin tanpa terlalu banyak natrium, telur rebus adalah pilihan terbaik.

10. Sup

Sup dari olahan sayur, ayam, maupun jamur dapat dipilih sebagai menu makan siang untuk diet. Mengonsumsi sup olahan rumahan membantu mencegah penumpukan lemak di daerah perut. Sup yang kaya akan sayuran dapat memberikan efek kenyang yang lama tanpa menambah banyak kalori.

Memilih menu makan siang yang tepat dapat mendukung program penurunan berat badan. Dengan kombinasi yang seimbang antara protein, serat, dan lemak sehat, Anda bisa menghilangkan lemak perut yang membandel. Pastikan untuk menghindari makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi agar tujuan penurunan berat badan tercapai. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga