Hindari Penggunaan Earphone Saat Tidur, Ini Dampaknya

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 23 Januari 2024
0 dilihat
Hindari Penggunaan Earphone Saat Tidur, Ini Dampaknya
Penggunaan earphone saat tidur mungkin terasa nyaman, tetapi perlukita mempertimbangkan dampaknya terhadap kesehatan telinga. Foto: Repro Emc.Id

" Setiap malam, begitu mata kita tertutup, dunia luar pun memudar. Namun, bagi beberapa orang, keseharian berlanjut di bawah selimut dengan bantuan earphone. Tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyimpan risiko yang tidak diinginkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap malam, begitu mata kita tertutup, dunia luar pun memudar. Namun, bagi beberapa orang, keseharian berlanjut di bawah selimut dengan bantuan earphone. Tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyimpan risiko yang tidak diinginkan.

Penggunaan earphone saat tidur mungkin terasa nyaman, tetapi perlukah kita mempertimbangkan dampaknya terhadap kesehatan telinga dan kualitas tidur kita?

Telinga manusia dirancang untuk beristirahat saat tidur, bukan mendengarkan alunan musik atau suara podcast. Penggunaan earphone selama tidur dapat menyebabkan tekanan pada telinga dan memicu ketidaknyamanan.

Baca Juga: Cara Ampuh Cegah Hipertensi Sejak Dini

Dilansir dari Halodoc.com, menggunakan earphone saat tidur bisa meningkatkan risiko cedera telinga. Posisi tidur yang tidak stabil atau gerakan tanpa sadar ketika tidur bisa memicu penutup telinga tertarik atau bengkok.

Hal ini bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri, iritasi, atau cedera pada liang telinga. Selain itu, menggunakan headphone pada level volume tinggi dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran jangka panjang.

Selain itu, kondisi lembap akibat menggunakan earphone saat tidur bisa memicu tumbuhnya bakteri atau jamur. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi telinga seperti otitis eksterna (radang telinga luar) atau infeksi telinga tengah (otitis media).

Baca Juga: Daftar Seafood yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Infeksi telinga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluar cairan dari telinga.

Dikutip dari emc.id saat tidur seluruh anggota badan sedang beristirahat. Sayangnya, hal ini tak dapat dialami otak karena apabila tidur sambil mendengarkan musik maka otak tidak sepenuhnya beristirahat.

Jika tetap mengabaikan maka hantaran elektromagnetik yang ada pada earphone dapat merusak sel-sel otak. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga