Mantan Wakapolrestabes Makassar Dimutasi Menjadi Dirlantas Polda Sumsel

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Rabu, 18 November 2020
0 dilihat
Mantan Wakapolrestabes Makassar Dimutasi Menjadi Dirlantas Polda Sumsel
Kombes Pol Hotman Sirait saat menjabat Kabid Propam Polda Sulsel, memantau aksi demonstrasi di bawah jembatan fly over Makassar. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Saya sebagai abdi negara selalu siap menerima amanah dari pimpinan, dimana pun saya ditempatkan, saya siap. Dan kini saya mendapat amanah dari Kapolri sebagai Dirlantas Polda Sumsel, semoga ke depannya saya bisa menjaga nama baik Polri agar tetap dicintai masyarakat. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Mantan Wakapolrestabes Kota Makassar, Kombes Pol CF Hotman Sirait, kini diamanahkan sebagai Dirlantas Polda Sumatera Selatan.

Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3233/XI/KEP/2020, Senin (16/11/2020), Kombes Pol Hotman Sirait yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsespimma Sespimti Lemdiklat Polri selama kurang lebih setahun ini, juga pernah menjabat sebagai Kabid Propam Polda Sulsel.

Hotman Sirait dikenal sebagai perwira inovatif dan tegas di mana pun ditugaskan, terakhir di Kakorsespimma di Lemdiklat Polri Lembang Bandung.

Sebelum menjabat Kakorsespimma, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1993 ini pernah juga menjabat sebagai Wakapolrestabes Makassar pada tahun 2018, pada saat itu Kota Makassar sedang Pilkada.

Baca juga: Menyoal Isu RS Mengcovidkan Pasien, di Konawe Tak Ada

Pria berdarah Batak ini memegang kendali pengamanan Pilwali Kota Makassar yang sempat memanas, karena perseteruan antara pendukung nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Rahmatika Dewi melawan pendukung kotak kosong yang diduga adalah pendukung petahana Ramdhan Pomanto (Dhani Pomanto) tak kunjung reda hingga penghitungan suara berakhir, yang mengakibatkan kemenangan kotak kosong.

Kombes Pol Hotman Sirait yang saat itu harus mengamankan 3 objek vital yakni KPU Kota Makassar, Hotel Max One, dan PTUN Kota Makassar yang menjadi sasaran massa, harus berfikir keras agar ketiga objek tersebut aman dari amukan massa.

Beruntung perwira yang saat itu berpangkat dua bunga melati, dapat mengamankan objek vital yang ada di Kota Makassar saat Pilwali 2018 lalu. Sehingga Kombes Pol Hotman Sirait sempat mendapat jabatan Kabid Propam Polda Sulsel sekaligus kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

“Saya sebagai abdi negara selalu siap menerima amanah dari pimpinan, dimana pun saya ditempatkan, saya siap. Dan kini saya mendapat amanah dari Kapolri sebagai Dirlantas Polda Sumsel, semoga ke depannya saya bisa menjaga nama baik Polri agar tetap dicintai masyarakat,” ucap Hotman saat dikonfirmasi via telepon seluler. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga