Pemkab Mubar Siapkan 5 Titik Posko Pengamanan Arus Mudik

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 19 April 2022
0 dilihat
Pemkab Mubar Siapkan 5 Titik Posko Pengamanan Arus Mudik
Rapat koordinasi penentuan lima titik arus mudik oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemkab Mubar telah siapkan lima titik posko pengamanan dan pelayanan yang akan dimulai pada 25 April 2022 nanti "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Titik arus mudik lebaran telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), di mana telah disiapkan lima titik posko pengamanan dan pelayanan yang akan dimulai pada 25 April 2022 nanti.

Rapat koordinasi penentuan titik pemantauan dan pelayanan pada arus mudik lebaran ini dihadiri oleh Sekda Mubar, Kadishub Mubar, Syahbandar Raha, Bandara Sugimanuru, koramil dan polsek, serta camat.

Penentuan 5 titik arus pemantauan dan pelayanan pada arus mudik lebaran yakni pada bandara Sugimanuru, pelabuhan Ferry Tondasi, pelabuhan Pajala, Tugu Lagadi, dan Pertigaan Desa Latawe-Kombikuno.

Seperti yang dituturkan oleh Sekda Mubar, LM Husein Tali, 5 titik posko mudik yang disiapkan ialah tempat-tempat yang mendapat perhatian lebih banyak, karena diperkirakan menjadi pintu masyarakat yang melakukan mudik.

"Kita akan melakukan pemantauan mulai tanggal 25 April 2022 hingga 9 Mei 2022," ucapnya, Selasa, (19/4/2022).

Ia juga mengatakan, untuk penjagaan di 5 titik posko pemantauan disiapkan personil TNI/Polri, Dishub Mubar, Satpol PP Mubar, camat, serta kades setempat.

Baca Juga: 20 April Penerbangan Bandara Sugimanuru Berubah, Kartu Vaksin Jadi Syarat Jalan

Khusus pada titik bandara Sugimanuru, pihaknya akan menyiagakan tim vaksinasi sebagai syarat pemudik untuk melakukan perjalanan.

"Disiapkan tim vaksinasi untuk melakukan vaksin dan rapid antigen di tempat, agar pemudik tidak terhalang karena tidak melengkapi syarat dalam melakukan perjalanan udara," ungkapnya.

Pihaknya juga tidak hanya fokus pada titik pemantauan saja, tetapi akan melakukan pengamanan pada beberapa pasar yang ada di Mubar, ditakutkan nantinya akan menjadi tempat penyebab kemacetan.

Untuk itu pemkab Mubar berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang melakukan mudik agar merasa nyaman dan selamat sampai di tempat tujuan.

Baca Juga: Lebih Cepat dari Target, Jembatan Ngaglik Jatim Mulai Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Kadishub Mubar, La Ode Hanafi juga menuturkan, arus mudik ini akan terjadi kepadatan pada pelabuhan Ferry Tondasi dan pelabuhan Pajala, sebab kalau pelabuhan Ferry Torobulu padat secara otomatis banyak yang akan mengambil jalur alternatif, contohnya penyeberangan pelabuhan Ferry Kasipute-Tondasi.

"Puncak kepadatan pemudik diperkirakan akan terjadi pada H-7 lebaran, untuk itu Dishub Mubar akan menyiapkan empat armada bus," ucapnya.

Empat armada bus ini akan stay di beberapa titik, disediakan untuk masyarakat yang tidak memiliki kendaraan, sehingga jika ada pemudik yang bermalam pada salah satu titik pemantauan ini, nantinya akan diantarkan pada tempat tujuannya. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga