Masjid Agung Muna Barat Didesain Khas Budaya Daerah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Masjid Agung Muna Barat Didesain Khas Budaya Daerah
Pj Bupati Muna Barat saat meninjau secara langsung proses pembangunan fisik di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pembangunan Masjid Agung Muna Barat akan didesain sesuai dengan khas budaya di daerah, sebab adat dan tradisi daerah tidak boleh diabaikan "

MUNA BARAT, TELISIK ID - Menjadi ikon Muna Barat, masjid agung akan didesain dengan khas budaya daerah setempat dengan anggaran Rp 4 miliar pembangunan tahap pertama.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pembangunan Masjid Agung Muna Barat akan didesain sesuai dengan khas budaya di daerah dengan tema berpikir global bertindak lokal, sebab adat dan tradisi daerah tidak boleh diabaikan.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah itu katakan, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid agung tersebut kurang lebih Rp 40 miliar, namun di tahun 2023 baru dianggarkan senilai Rp 4 miliar.

Senada, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Muna Barat, M. Amirullah mengatakan, dana alokasi untuk pembangunan masjid agung pada tahap pertama melekat langsung di Dinas PUPR Muna Barat.

"Masih sedikit anggarannya, karena masih fokus pada pembangunan struktur bawah," ungkapnya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Sisa Dana PEN di PUPR Muna Digunakan di Perubahan APBD

Proses pekerjaan struktur bawah bangunan masjid akan dilakukan setelah pematangan lahan rampung, untuk itu pihaknya menilai proses pembangunan telah dapat dilaksanakan dengan fokus pada pengerjaan cakar ayam dan fondasi bangunan.

Ia menjelaskan, dibutuhkan cakar ayam dengan lebar sekitar 2,6 meter x 2,6 meter dengan ketebalan 80 cm, serta akan ditanam di kedalaman sesuai dengan perencanaan dari ahlinya agar bangunan bisa kuat, mengingat struktur tanah masjid tersebut merupakan timbunan.

Baca Juga: Camat, Lurah dan Kades Harus Terlibat Aksi Tanggap Bencana

"Yang pasti kedalamannya akan melewati tanah timbunan," pungkasnya.

Dengan dana awal yang dianggarkan senilai Rp 4 miliar itu, sangat sedikit jika dibandingkan dengan total kebutuhan anggaran sesuai perencanaannya yang bisa mencapai Rp 77 miliar.

Sehingga akan dilakukan pembangunan secara bertahap, dengan rincian biaya yaitu pada struktur bangunan sekira Rp 28 miliar dan untuk kebutuhan lainnya hingga rampung mencapai Rp 77 miliar. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga