Antam Konawe Utara Budayakan K3 untuk Ciptakan Lingkungan Kerja Layak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Antam Konawe Utara Budayakan K3 untuk Ciptakan Lingkungan Kerja Layak
PT Antam Konawe Utara melaksanakan upacara penutupan bulan K3 nasional tahun 2023 dengan tema terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di tempat kerja. Foto: Ist.

" PT Antam Konawe Utara melaksanakan upacara penutupan bulan K3 nasional tahun 2023 dengan tema terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di tempat kerja "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - PT Antam Konawe Utara melaksanakan upacara penutupan bulan K3 nasional tahun 2023 dengan tema terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di tempat kerja.

Dalam kesempatan upacara penutupan bulan K3 Antam Konawe Utara, Mining Manager La Ode Muhammad Mustakim menyatakan, siap untuk membudayakan K3 di semua tempat kerja untuk menciptakan pekerjaan yang layak bagi tenaga kerja serta operasional perusahaan tetap berjalan.

Melaksanakan pelaporan kondisi tidak aman dan tindakan tidak aman termasuk tindakan-tindakan dan menindak lanjuti penyelesaian KTA TTA.

Baca Juga: Pro Kontra Program Berkelanjutan Kelapa Sawit Konawe Utara

"Penerapan K3 terutama pada operasional peralatan sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja," ucapnya.

Selain itu, penggunaan alat pelindung diri (APD) merupakan salah satu yang dapat dilakukan agar kecelakaan kerja dapat diminimalkan. Manajemen akan terus meningkatkan kedisiplinan penggunaan APD di lingkungan kerja.

"Diharapkan dengan adanya penerapan K3 di Konawe Utara, dapat mewujudkan zero accident atau nol kecelakaan kerja, serta zero Fatality," tambahnya.

Dengan adanya kegiatan bulan K3 nasional di UBPN Konawe Utara, diharapkan terdapat konsistensi komitmen semua pihak di UBPN Konawe Utara untuk bersinergi bersama dengan jajarannya mengedepankan K3 sebagai prioritas guna mencapai zero accident dan zero fatality.

Adapun kegiatan yang telah berjalan antara lain: pemasangan spanduk dan umbul-umbul K3, sosialisasi K3 kepada tenaga kerja, lomba futsal, lomba bola voli, lomba safety driving dan safety award.

Baca Juga: Bupati Konawe Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Perbatasan Konawe Utara

Upacara penutupan bulan K3 nasional tahun 2023 PT Antam Tbk UBPN Konawe Utara dilaksanakan di pelataran Main Office Site Tapunopaka Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo Kepulauan yang diikuti oleh seluruh pegawai, kontraktor/mitra, BKO TNI/Polri yang berada di site Tapunopaka.

Sebelumnya Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, sebagaimana yang dikutip dari Kemnaker.go.id, tema bulan K3 nasional 2022 ini sengaja diusung agar isu perlindungan kerja tidak dikesampingkan di tengah perubahan dunia industrial di era digitalisasi. Dengan begitu, pekerja/buruh dapat memperoleh perlindungan dari sisi K3 dan terhindar dari risiko kecelakaan kerja.

“Sehingga era digitalisasi yang tujuannya untuk memudahkan, menjadikan segala sesuatu lebih efektif dan efisien, tidak menjadikan para pekerja/buruh tereduksi hak-hak dan kesejahterannya,” ujar Menaker Ida. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga