Masjid Tua Muna yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan saat Lebaran

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 22 April 2023
0 dilihat
Masjid Tua Muna yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan saat Lebaran
Masjid tua Muna selalu ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai pelosok di Pulau Muna saat lebaran. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Masjid tua di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara masih menjadi salah satu tujuan destinasi wisata religi setiap tahun saat lebaran. Selain sebagai obyek wisata religi, juga tradisi budaya setiap tahun bagi umat Islam di daerah itu untuk mengunjunginya "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid tua di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara masih menjadi salah satu tujuan destinasi wisata religi setiap tahun saat lebaran. Selain sebagai obyek wisata religi, juga tradisi budaya setiap tahun bagi umat Islam di daerah itu untuk mengunjunginya.

Dari pantauan Telisik.id, masyarakat Muna dari berbagai desa datang untuk berkunjung sekaligus melaksanakan ibadah Idul Fitri 1444 H di masjid tua Muna itu. Beberapa dari mereka bahkan berangkat subuh dari rumah agar mendapatkan tempat di dalam masjid untuk ikut salat Idul Fitri.

Salah seorang pengunjung dari Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna, M Fiqram mengatakan, pihaknya sekeluarga datang untuk salat Idul Fitri di masjid tua Muna setiap tahun.

Baca Juga: Tukang Cukur di Muna Panen Cuan

"Ini sudah menjadi tradisi di keluarga kami, setiap lebaran disempatkan ke masjid ini untuk melaksanakan salat di sini," ujar Fiqram, Sabtu (22/4/2023).

Masjid yang konon berdiri pada 1716 Masehi itu terletak di Kecamatan Tongkuno, Muna. Jarak masjid tertua kedua di Kabupaten Muna itu dari Kota Raha lebih kurang 25 meter

Selain itu, masyarakat percaya bahwa doa yang dipanjatkan saat di masjid itu dipercaya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Saat lebaran keluarga akan berkumpul dan beramai-ramai ke masjid tua itu.

Rahman yang juga masyarakat Muna sejak 2012 merantau ke Kalimantan baru tahun ini sempat pulang kampung dan ingin langsung berkunjung ke masjid tersebut.

"Saya sudah lama merantau dan keinginan terbesar saya saat pulang kampung yah datang untuk salat dan berdoa di masjid ini," ujarnya.

Baca Juga: Tradisi Unik Masyarakat Muna Sambut Hari Raya Idul Fitri

Terpantau hingga pukul 15.00 Wita, masyarakat masih ada yang terus berdatangan ke masjid itu, tujuannya hanya untuk berkunjung dan ada juga yang datang untuk berdoa sembari baca-baca haroa.

Pengunjung lainnya, Eka Saputri mengatakan, datang ke masjid tersebut untuk baca-baca haroa seperti tradisi di Muna setiap lebaran akan ada hal seperti itu.

"Kami percaya dengan baca-baca haroa di masjid ini, maka puasa kami selama 30 hari penuh akan diberkati Allah SWT," jelasnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga