Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Kembali

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 02 Mei 2020
0 dilihat
Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Kembali
Tak lama lagi, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dua masjid suci umat Islam, akan dibuka kembali untuk kegiatan ibadan setelah ditutup akibat COVID-19 sejak Maret lalu. Foto: DuniaTempe.co

" Kita tidak terburu-buru untuk membuka dua masjid suci karena semua langkah yang diambil adalah untuk kebaikan kita. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah  menerapkan lockdown pada bulan Maret lalu, kini Pemerintah Arab Saudi dikabarkan akan kembali membuka dua masjid suci umat muslim, Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi yang ada di Madinah, dikutip dari Saudi Gazette, Kamis (30/4/2020).

Sebagaimana yang dimuat CNBC Indonesia, kabar dibukanya dua masjid suci tersebut disampaikan oleh Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, bahwa jemaah akan bisa kembali melakukan ibadah dan mengunjungi kedua masjid itu.

Dimana, kata dia dalam sebuah video, hari-hari (akan datang) ketika kesedihan akan diusir dari umat Islam dan kita kembali ke dua masjid suci untuk tawaf (mengelilingi Ka'bah Suci), sa'i (ritual perjalanan antara bukit Safa dan Marwa) dan salat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi SAW.

Meski begitu, Sheikh Sudais menambahkan, pembukaan akses umum untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dilakukan dengan perhitungan cermat.

"Kita tidak terburu-buru untuk membuka dua masjid suci karena semua langkah yang diambil adalah untuk kebaikan kita," tukasnya.

Baca juga: Masyarakat Abaikan Imbauan Pemerintah, Tenaga Medis Khawatir

Sheikh Al-Sudais mengajak semua umat Islam di dunia untuk terus berdoa melawan pandemi COVID-19.

"Kami meminta muslim dunia untuk mendoakan penjaga dua masjid suci supaya dalam keadaan baik," ujarnya.

Senada dengan itu, kabar baik tersebut juga disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun twitter resminya. Kementerian meyakinkan bahwa jemaah akan bisa beribadah lagi di tempat suci yang ada di negara itu.

"Insya allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang kompeten, akan ada kunjungan kembali ke Mekah, dengan membuka kembali Haram dan kembali untuk mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah untuk umat beriman dari seluruh penjuru dunia ... perasaan kaum muslim adalah perasaan kami dan kami mendapat dukungan dari mana-mana," tulisnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga