Masuk PPKM Level III, Pemda Konsel Siaga Penuh

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
Masuk PPKM Level III, Pemda Konsel Siaga Penuh
Salah satu giat dan upaya yang dilakukan Pemda Kabupaten Konawe Selatan untuk mencegah penularan COVID-19. Foto: Ist.

" Berdasarkan data Satgas COVID-19 Nasional per Jumat 11 Februari 2022 lalu, hingga pukul 17.00 Wita, untuk di wilayah Konsel masuk kategori risiko rendah "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Giat dan upaya keras yang dilakukan Pemda Kabupaten Konawe Selatan belakangan ini untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), rupanya belum juga cukup untuk terhindar dari pembatasan level III.

Secara resmi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah merilis instruksi Nomor 11 tahun 2022, tertanggal 14 Februari, tentang PPKM tersebut. Di mana dalam instruksi itu, Kabupaten Konawe Selatan termasuk salah satu dari kabupaten di Sultra berkategori PPKM Level III, termasuk Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe Kepulauan, Buton Tengah, Konawe Utara, Kota Kendari dan Kota Baubau.

Sekda Konsel Ir. Drs. H. Sjarif Sajang M.Si, membenarkan perihal Instruksi Mendagri. Di mana instruksi itu langsung ditindaklanjuti, di antaranya, peniadaan sementara kegiatan apel pagi dan pengumpulan massa dalam jumlah besar di lingkup kantor pemerintahan.

“Sudah kami terima dan berdasarkan perintah pimpinan, segera kami tindak lanjuti. Misal kegiatan upacara Kamis 17 Februari 2022 ini kami tiadakan sementara waktu,“ ujarnya.

Baca Juga: Kendari Darurat COVID-19, PPKM Level 3 Diterapkan

Baca Juga: Cegah Penularan Omicron di Konsel, Vaksinasi Anak Kian Diintensifkan

Sjarif Sajang memaparkan, sesuai instruksi, pihaknya bakal mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan. Untuk pengendalian penyebaran COVID-19.

“Instruksi Mendagri berlaku mulai tanggal 15 hingga 18 Februari 2022 mendatang. Sementara itu, sambil menunggu informasi dan kondisi selanjutnya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Satgas COVID-19 Asruddin AM, ST, M.PW menyebutkan, berdasarkan data Satgas COVID-19 Nasional per Jumat 11 Februari 2022 lalu, hingga pukul 17.00 Wita, untuk di wilayah Konsel masuk kategori risiko rendah. Di mana tercatat jumlah kasus 11 orang, total jumlah kasus positif 1.206 orang, meninggal 35 orang. “Data dan perkembangan terbaru akan kami berikan,“ ujar Plt Kepala BPBD Konsel ini.  (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga