Masuk Triwulan Ketiga, Insentif Guru GTT Mubar Belum Cair

Laode Pialo, telisik indonesia
Senin, 05 Juli 2021
0 dilihat
Masuk Triwulan Ketiga, Insentif Guru GTT Mubar Belum Cair
Seorang guru sedang mengajar anak didiknya. Foto: Repro google.com

" Jamuddin juga mengaku, insentif GTT di Mubar merupakan salah satu program Bupati Mubar sehingga tidak ada alasan untuk tidak dicairkan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sejak memasuki tahun ajaran 2021, insentif guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) belum dicairkan.

Padahal honor untuk GTT tersebut di cairkan setiap tiga bulan.

Kepala Dinas Pendidikan Mubar, Jamuddin mengatakan, pencairan insentif GTT di Mubar mengalami kendala. Salah satu kendalanya adalah adanya refocusing anggaran tahun 2021.

"Itu salah satunya, sekarang masih menunggu penetapan anggaran refocusing. Insyaallah bisa dalam minggu ini," kata Jamuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/7/2021).

Jamuddin juga mengaku, insentif GTT di Mubar merupakan salah satu program Bupati Mubar sehingga tidak ada alasan untuk tidak dicairkan.

Kondisi serupa juga terjadi dengan pengadaan seragam sekolah dan beberapa program lainnya. Hanya saja, kata dia, realisasi program tersebut harus berdasarkan regulasi.

Baca Juga: Pelantikan Kepala OPD di Busel Diduga Tak Kantongi Rekomendasi KASN

Baca Juga: Izin PT Tiran Mineral Lengkap dan Sudah Tandatangan Kontrak Smelter dengan Tonghua

"Sama halnya dengan baju seragam sekolah dan lain-lain, tidak ada perubahan hanya menunggu penetapan refocusing ini," ujarnya.

Jamuddin mengaku, jumlah GTT di Mubar yang terdaftar di dapodik sebanyak 670. Dari jumlah tersebut yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pendidikan (NUPTK)  sebanyak 512 orang.

Dari 512 orang ini kemudian dievaluasi berdasarkan beban kerja dan menghasilkan 402 orang.

"Jadi honornya Rp 200 ribu per bulan. Sumber anggaran berasal dari APBD Mubar. Nanti dicairkan dua triwulan sekaligus," pungkasnya. (C)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga