Masyarakat Adat di Bombana Minta Presiden dan Mendagri Perpanjang Jabatan Pj Bupati Burhanuddin

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Masyarakat Adat di Bombana Minta Presiden dan Mendagri Perpanjang Jabatan Pj Bupati Burhanuddin
Masyarakat adat Kabupaten Bombana menyampaikan aspirasi serta meminta presiden dan mendagri memperpanjang tugas Burhanuddin sebagai Penjabat Bupati Bombana

" Masyarakat adat Kabupaten Bombana menyampaikan aspirasi serta meminta presiden dan mendagri memperpanjang tugas Burhanuddin sebagai Penjabat Bupati Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Masyarakat adat Kabupaten Bombana menyampaikan aspirasi serta meminta presiden dan mendagri memperpanjang tugas Burhanuddin sebagai Penjabat Bupati Bombana.

Aspirasi itu disampaikan  masyarakat adat Bombana sejak Juli lalu karena jabatan Ir Burhanuddin akan berakhir pada 24 Agustus 2023.  Pengusulan nama ke pusat sudah disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Ketua Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Bombana, Mansur Lababa melalui keterangan resminya sangat berharap presiden dan mendagri memperpanjang jabatan Burhanuddin sebagai Penjabat Bupati Bombana.

Mansur  tidak asal menyampaikan aspirasinya. Dia punya alasan meminta jabatan Burhanuddin diperpanjang. Kepala Dinas PU dan Sumberdaya Air Sulawesi Tenggara itu telah banyak memberi perhatian dan dukungan pada masyarakat adat Hukaea Laea di Kabaena.

“Pertama, aspirasi masyarakat adat Hukaeya Laea mendapat perhatian.  Ini sejak beberapa bulan Pak Pj memimpin Bombana,” kata Mansur Lababa, Selasa (8/8/2023).

Kedua, lanjut Ketua Adat Moronene Hukaea Laea ini, masyarakat adat Morone  telah mendapat wilayah adat Moronene Hukaea Laea dari pemerintahan Burhanuddin.

Baca Juga: Dukung Basiran Lanjut Pj Bupati Buton, Masyarakat Kecewa DPRD Tidak Aspiratif

“Ketiga, wilayah yang banyak dihuni masyarakat adat di Pulau Kabaena telah mendapatkan bantuan listrik berupa mesin genset yang selama ini tidak ada. Daerah kami belum dialiri listrik sehingga Pak Bupati memberikan satu genset besar untuk  wilayah kami,” kata Mansur Lababa.

Kemudian, warga Hukaea Laea juga  tak lama lagi akan merasakan jalan yang layak dari Kendari ke Kasipute dan Kasipute ke Hukaea Laea.

Mansur Lababa menyimpulkan, Burhanuddin dalam beberapa bulan memimpin telah banyak mengubah wajah Bombana, baik fisik maupun non fisik.  

“Ini berkat kepemimpinan pak Pj bupati yang terasa sekali kemajuan daerah.  Karena itu kami minta dengan sangat kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Mendagri H Muh Tito Karnavian melanjutkan kepemimpinan Pak Burhanuddin,” kata Lababa.

Baca Juga: Ali Mazi Perpanjang Jabatan Burhanuddin Selaku Pj Sekda Butur

Pada bulan Oktober nanti, kata Mansur, pihaknya akan menggelar pertemuan adat yang merupakan arahan Pj Bupati Bombana. Pertemuan majelis adat itu indikasi perhatian besar untuk masyarakat adat.

Sementara itu dilansir dari Wikipedia.org, penjabat bupati disyaratkan pernah menduduki jabatan struktural eselon II dengan pangkat golongan sekurang-kurangnya IV/B dan selama tiga tahun terakhir memiliki kinerja yang baik.

Penjabat Bupati ditetapkan oleh presiden atas usul dari gubernur dari kabupaten yang bersangkutan dan pertimbangan DPRD. Penjabat bupati dalam undang-undang yang berlaku, bertanggung jawab kepada Menteri Dalam Negeri. Masa jabatan maksimal dari seorang penjabat bupati adalah 1 tahun. (B)

Penulis: Adinda Septi Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga