Masyarakat Baubau Diimbau Waspada, Puncak Cuaca Ekstrem Diprediksi hingga Maret 2024

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 20 Desember 2023
0 dilihat
Masyarakat Baubau Diimbau Waspada, Puncak Cuaca Ekstrem Diprediksi hingga Maret 2024
Masyarakat Kota Baubau diminta waspada, cuaca ekstrem diprediksi hingga Maret 2024. Foto: Elfinasari/Telisik

" Cuaca ekstrem diperkirakan akan melanda Kota Baubau, dan wilayah sekitar Kepulauan Buton, Sulawesi Tenggara hingga Maret 2024 mendatang "

BAUBAU, TELISIK.ID - Cuaca ekstrem diperkirakan akan melanda Kota Baubau, dan wilayah sekitar Kepulauan Buton, Sulawesi Tenggara hingga Maret 2024 mendatang.

Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari Baubau, Hadi Setiawan menjelaskan, Kota Baubau telah memasuki musim hujan pada Desember, meskipun seharusnya November. Pada 17 Desember lalu pertemuan angin di atas wilayah Baubau di Pulau Buton memanjang, menyebabkan pertumbuhan hujan dan cuaca ekstrem dengan hujan lebat, angin, dan petir.

Angin barat atau monsun Asia yang memasuki Indonesia mempengaruhi kondisi atmosfer di Baubau.

Baca Juga: Harga Cabai di Kota Baubau Melonjak Drastis Tembus Rp 450 Ribu per Kg Jelang Nataru

“Prediksi cuaca ekstrem diprediksi akan mencapai puncaknya pada Maret 2024,” tuturnya.

Hadi Setiawan mengingatkan masyarakat Baubau untuk beberapa bulan ke depan

"Masyarakat Baubau termasuk wilayah kepulauan Buton harus tetap waspada terhadap kondisi cuaca untuk beberapa bulan ke depan,” tuturnya.

Ia menyarankan agar masyarakat menjauhi tempat-tempat yang rawan bencana seperti banjir, longsor, pohon tua, dan wilayah berbahaya. Nelayan diingatkan untuk tetap waspada karena kondisi cuaca saat ini dapat menyebabkan cuaca ekstrem, termasuk hujan, angin, dan petir yang mempengaruhi tinggi gelombang laut.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi Sejumlah Wilayah di Kota Baubau Banjir

BMKG telah mengirim surat peringatan kepada Pemerintah daerah melalui BPBD dan Wali Kota Baubau sejak 21 September, 29 September dan 1 Desember. Harapannya, instansi terkait dapat menindaklanjuti peringatan tersebut.

Forecaster, Dian Ayu Saraswati menuturkan, saat ini Kota Baubau sudah memasuki musim hujan. Dihimbau untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang terjadi secara tiba-tiba seperti angin kencang dan hujan disertai petir.

“Hindari berteduh dibawah pohon, lapangan terbuka dan berenang saat terjadi hujan petir,” tuturnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga