KKST Kepri Pulangkan Warga Baubau yang Terlantar di Batam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 15 Oktober 2021
0 dilihat
KKST Kepri Pulangkan Warga Baubau yang Terlantar di Batam
Pengurus KKST Provinsi Kepri dan KKST Kota Batam menerahkan Rabin (memakai baju kaos biru) kepada keluarganya di Baubau. Foto: Ist.

" Sekitar 5 bulan tinggal di penampungan anak terlantar di Kota Batam, Rabin mengalami depresi berat dan mulai hilang ingatan "

RIAU, TELISIK.ID - Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Provinsi Kepulauan Riau dan KKST Kota Batam memulangkan Muhammad Rabin warga Kampeonaho, Kecamatan Bungi, Baubau yang terlantar di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Muhammad Rabin dipulangkan dari Kota Batam pada Jumat (15/10/2021), melalui penerbangan bandara Hang Nadim Batam ke bandara Betoambori Baubau.

Pengantar, La Ode Musidin menceritakan, mulanya Muhammad Rabin merantau ke Surabaya pada Januari 2020 untuk bekerja menjadi ABK kapal yang berlayar ke Merauke. Namun setelah tiba di Surabaya, Muhammad Rabin gagal menjadi ABK.

Lanjut Musidin, dari Surabaya dia meneruskan perjalanan melalui kapal laut ke Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan riau.

"Pekerjaannya di Bintan menjadi ABK kapal ikan, namun hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan, sehingga diputuskan untuk pulang kampung ke Baubau melalui Batam, namun tidak ada kapal ke Baubau sehingga Rabin menjadi terlantar di Batam," dalam rilis yang diterima Telisik.id, Jumat (15/10/2021).

Pada April 2021, Rabin sempat ditampung di Dinas Sosial Kota Batam. Sekitar 5 bulan tinggal di penampungan anak terlantar di Kota Batam, Rabin mengalami depresi berat dan mulai hilang ingatan.

Baca Juga: Suku Bajo Buton Terpilih dalam Program KAT Kementrian Sosial

Baca Juga: Gubernur Jatim Lamban Tetapkan Upah Minimum, Buruh Gelar Aksi

"Atas inisiatif Dinas Sosial Kota Batam, setelah memperoleh kontak dengan KKST Kota Batam dan KKST Provinsi Kepri, maka Dinas Sosial Kota Batam, menyerahkan yang bersangkutan kepada KKST Kota Batam agar Rabin segera di pulangkan di Baubau karena pertimbangan depresi berat yang dialami Rabin," lanjutnya.

Hari ini, pengurus KKST Provinsi Kepri dan KKST Kota Batam yang diwakili La Ode Musidin, telah mengevakuasi Rabin dan mengantarnya langsung ke Baubau.

"Alhamdulillah telah menyerahkan Rabin kepada Keluarganya di Bungi, Kota Baubau. Semoga KKST dapat menjadi wadah silaturrahim untuk terus memupuk aksi aksi sosial yang dipandang urgent dan mendesak untuk ditangani," pungkasnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga