Masyarakat Tumpah Ruah di Jalan Sambut Idul Fitri dengan Pawai Obor

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Sabtu, 22 April 2023
0 dilihat
Masyarakat Tumpah Ruah di Jalan Sambut Idul Fitri dengan Pawai Obor
Ratusan masyarakat tumpah ruah di jalan sambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H tahun 2023 M dengan lantunan takbir dan pawai obor. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Masyarakat Kelurahan Konawe, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan melakukan pawai dan takbiran berjalan kaki menyusuri kampung "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Ada banyak tradisi yang dilakukan pemuda dan masyarakat dalam menyambut hari raya Idul Fitri khususnya di Kelurahan Konawe, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan melakukan pawai dan takbiran berjalan kaki menyusuri kampung. Kegiatan tersebut mengandung makna kebersamaan dan menyambung silaturahmi.

Tak hanya itu, momen malam takbiran juga adalah tanda Ramadan telah berakhir pada Jumat (21/4/2023) sehingga dimeriahkan dengan takbiran dan pawai obor berkeliling kampung.

Awalnya ratusan pemuda dan masyarakat berkumpul di pelataran Masjid Darussalam, Kelurahan Konawe dengan memulai melantunkan takbir pada pukul 21.00-21.30 Wita.

Pawai dengan berjalan kaki baru dimulai pada pukul 22.00 Wita dengan berkeliling membawa obor menuju jalan poros dan memasuki lorong-lorong yang ada di Kelurahan Konawe sambil mengumandangkan takbir dan shalawat. Antusias masyarakat dan pemuda sangat tinggi menjemput hari kemenangan umat Islam.

Baca Juga: Takbiran di Muna Hanya Boleh di Masjid dengan Jumlah Peserta Terbatas

Ketua Karang Taruna Kelurahan Konawe, Saban Rimudin mengatakan, pawai obor yang dilakukan merupakan agenda pertama kalinya yang dilakukan pemuda dan masyarakat Kelurahan Konawe. Sebab malam takbiran beberapa tahun sebelumnya hanya dilangsungkan di masjid dan sekedar melantunkan gema takbir.

“Bersyukur sekali karena pada tahun ini kita melaksanakan pawai obor. Antusias masyarakat patut kita apresiasi, sangat luar biasa sekali. Ini memang ajang yang sangat ditunggu-tunggu," katanya Jumat (21/4/2023), di Muna Barat.

Namun di Kelurahan Konawe sendiri, perayaan seperti ini tidak dilakukan secara rutin hanya pada saat ada inisiatif pemuda dan mahasiswa saja, sehingga gema takbir berkumandang di sepanjang jalan kampung Kelurahan Konawe dan disaksikan sejumlah masyarakat setempat.

"Pawai nyala obor ini kan mulai di Masjid Darussalam Kelurahan Konawe pada pukul 22.00 Wita, dimana pemuda dan masyarakat berkumpul dulu disitu," ujarnya.

Salah satu pemuda Kelurahan Konawe, Adil mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat silaturahmi antar warga dan menjaga keberagaman serta tradisi khususnya di Kelurahan Konawe.

"Semoga semakin banyak masyarakat yang turut melestarikan budaya dan tradisi leluhur kita, dalam menyambut momen-momen besar," katanya.

Baca Juga: Antusias Umat Muslim Takbiran Keliling di Reok Manggarai NTT

Sehingga apa yang menjadi harapan ke depan dapat terealisasi dengan terus bersinergi dengan pemerintah dan pemuda untuk mendukung program pembangunan yang berkelanjutan khususnya di Kelurahan Konawe.

"Kami bisa melihat ada nuansa baru yang datang dari masyarakat setelah melakukan kegiatan tersebut. Apa lagi menyambut kemenangan umat Islam," ujar Mulyadi, salah satu mahasiswa.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut tersebar di beberapa desa yang ada di Muna Barat. Terlihat bagaimana partisipasi dan antuasias masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan ini. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga