Mau Pahala Berlipat Ganda? Kerjakan Empat Amalan Ini di Bulan Ramadan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
0 dilihat
Mau Pahala Berlipat Ganda? Kerjakan Empat Amalan Ini di Bulan Ramadan
Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan dan di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan pahala berlimpah. Foto: Repro Google.com

" Karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Dalam hadis dikatakan ada beberapa amalan yang pahalanya berlipat ganda bila dilakukan di bulan Ramadan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan dan di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan pahala berlimpah.

Karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Dalam hadis dikatakan ada beberapa amalan yang pahalanya berlipat ganda bila dilakukan di bulan Ramadan.

Setidaknya, ada empat amalan yang pahalanya berlipat ganda bila dilakukan di bulan Ramadan. Dilansir dari islami.co, keempat amalan itu sebagai berikut:

1. Berpuasa

Ibadah bulan Ramadan paling utama dan hukumnya wajib adalah berpuasa. Rasulullah SAW besabda: “Barang siapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadan

Berpuasa bukan hanya sekadar menahan makan dan minum, kita juga harus menjaga diri dari hawa nafsu dan perbuatan maksiat. Ketika berpuasa, pahala dari amalan ibadah yang menyertainya otomatis akan dilipatgandakan serta dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni.

2. Membaca Al-Qur'an.

Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu amalan berlipat yang sayang dilewatkan selama Ramadan. Diibaratkan meski hanya satu huruf, membacanya akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi).

Al-Qur'an juga diturunkan pada bulan Ramadan. Kesadaran membaca Al-Qur'an tertera jelas pada salah satu firman Allah SWT, “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil.” (QS. Al-Baqarah: 185).

3. Salat Malam

Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk melakukan salat sunnah di bulan Ramadan, terutama salat malam: antara lain salat tarawih, salat witir, dan salat tahajud.

Baca juga: Hukum Darurat dalam Islam Soal Produk AstraZeneca dan Vaksinasi di Bulan Ramadan

Keutamaan salat tahajud di bulan Ramadan dijelaskan dalam hadis berikut:

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadan dan salat sunnah di malam harinya kareka iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Sedekah

Sedekah merupakan salah satu bagian dari amal jariah yang pahalanya akan mengalir terus menerus. Nabi Muhammad selalu menganjurkan kita bersedekah atau beramal jariah, terutama saat Ramadan. Rasulullah bersabda, “Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Ahmad)

Manfaat sedekah yaitu menghapus dosa-dosa kita. Jika hidup diibaratkan seperti kertas putih, maka dosa-dosa kita ibarat tinta hitam yang mengotori dan merusak kertas putih tersebut. Dan sedekah lah yang dapat menghapusnya. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Itulah di antara empat amalan yang pahalanya dilipatgandakan selama Ramadan. Semoga kita bisa memperbanyak amalan di bulan Ramadan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga