Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
0 dilihat
Ini Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadan
Kurang beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadan. 10 hari pertama bulan Ramadan adalah momen yang istimewa ditunggu kehadirannya. Foto: Repro Suara.com

" Tahukah Anda bahwa 10 hari pertama bulan Ramadan adalah momen yang istimewa ditunggu kehadirannya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kurang beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadan. Pada bulan yang penuh berkah ini, para umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Tahukah Anda bahwa 10 hari pertama bulan Ramadan adalah momen yang istimewa ditunggu kehadirannya.

Berikut penjelasan keistimewaan 10 hari pertama Ramadan dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

1. Fase Adaptasi Fisik 

10 hari pertama Ramadan dinilai istimewa karena pada hari-hari tersebut, tubuh sedang beradaptasi dari kebiasaan makan dan minum di bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, banyak orang merasa bahwa 10 hari pertama puasa adalah momen paling berat dan penuh tantangan.

Sebab, jika sebelumnya kita terbiasa makan dan minum secara bebas dan tak terbatas, kini kita harus membiasakan diri menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Tak hanya itu, kita juga harus menahan hawa nafsu dan amarah agar ibadah puasa tak sia-sia.

Baca juga: Hukum Darurat dalam Islam Soal Produk AstraZeneca dan Vaksinasi di Bulan Ramadan

2. Allah Membuka Pintu Ampunan dan Rahmat 

Allah SWT membukakan pintu rahmat dan maaf selebar-lebarnya selama 10 hari pertama puasa Ramadan. Rahmat tersebut diperuntukkan bagi hambanya yang ikhlas dan sabar melaksanakan ibadah puasa.

Hal ini tercantum dalam HR Al-Baihaqi yang berbunyi, "Awal bukan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka."

3. Melimpahnya Berkah dan Rahmat Allah SWT

Ramadan adalah momen terbaik untuk umat muslim mendekat kepada Allah, meminta ampunan, dan memperbaiki amal ibadah. Sebab selama bulan puasa, setan dikurung agar tidak memengaruhi manusia untuk berbuat dosa. Sehingga, setiap kebaikan yang dilakukan akan terasa lebih ringan.

Jangan lupa perbanyak membaca Al-Quran, melaksanakan ibadah salat subuh, salat sunnah, berzikir, bersedekah, memperkuat silaturahim, saling memaafkan, bersalawat, dan menolong sesama manusia yang membutuhkan. Niscaya, limpahan berkah dan rahmat Allah SWT akan sampai ke umatNya yang bersungguh-sungguh melakukan kebaikan selama bulan puasa.

Itulah keistimewaan 10 hari pertama Ramadan. Jangan sia-siakan kesempatan itu untuk berburu pahala lebih banyak di bulan Ramadan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga