21 Manfaat Bunga Telang yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit, Begini Cara Membuat Ramuannya

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 20 Maret 2021
0 dilihat
21 Manfaat Bunga Telang yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit, Begini Cara Membuat Ramuannya
Bunga Telang kaya manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro google.com

" "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tidak semua orang mengetahui manfaat dari bunga telang. Sebab bunga dengan warna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

Ekstrak tanaman ini juga kerap kali dipakai sebagai pewarna makanan alami. Bunga yang memiliki nama medis clitoria ternatea itu berasal dari negara-negara di Asia Tenggara.

Namun, manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India. Ini menjadi salah satu bukti, bahwa khasiat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik taman belakang, tapi juga untuk kesehatan dan ampuh sembuhkan berbagai penyakit.

Seperti dikutip dari Sehatq.com, berikut 19 manfaat bunga telang bagi kesehatan, serta ampih meyembuhkan penyakit:

1. Menyembuhkan luka

Manfaat bunga telang lainnya adalah untuk menyembuhkan luka. Sebab, ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida.

Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik.Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles.

Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan.

Itulah sebabnya, para peneliti pecaya, bahwa khasiat bunga telang, bisa menjadi penyembuh luka yang efektif.

2. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak yang menyehatkan ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan, dan memiliki efek positif, untuk mengurangi risiko terkena kanker.

3. Membantu mengatasi asma

Menurut penelitian, ekstrak bunga telang dapat membantu mengatasi asma dan bronkitis. Kemampuan tanaman ini untuk mengatasi asma tidak lepas dari sifat antioksidan dan antiasthmatic yang dimilikinya.

4  Memperbaiki Penglihatan

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yakni proanthocyanidin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah pada kapiler mata, mengobati glaukoma, mengatasi penglihatan kabur, kerusakan retina dan mengatasi mata lelah.

Baca Juga: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Finlandia Dinobatkan Negara Paling Bahagia

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Dalam bunga telang ini mengandung bioflavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi uban prematur secara alami.

6.  Memperbaiki Kesehatan Kulit

Antioksidan tinggi dalam bunga telang akan merangsang sintesis kolagen dan juga elastin yang akan meremajakan kulit sebagai solusi kecantikan kulit sekaligus mengurangi keriput dan berbagai tanda penuaan dini seperti garis halus, flek atau bintik hitam dan juga kerutan.

7. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Bunga telang seringkali digunakan sebagai afrodisiak yang akan membangkitkan gairah seksual. Selain itu, bunga ini juga sangat baik digunakan wanita untuk mengatasi masalah menstruasi ataupun keputihan.

8. Meningkatkan daya ingat

Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

9. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Bunga ini juga bisa digunakan sebagai obat alami yang bertindak sebagai ekspektoran sekaligus mengatasi iritasi organ pernapasan. Beberapa gangguan pernapasan yang bisa diatasi dengan bunga telang ini diantaranya adalah flu, solusi batuk dan juga asma.

10. Mengatasi gangguan kecemasan

Dalam sebuah riset beberapa waktu lalu, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, jika dikonsumsi bersamaan dengan aktivitas yoga.Hasil yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, begitu memuaskan.

Bahkan, dalam satu sesi yoga saja, konsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

11. Meringankan depresi

Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang.

Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Perlu diketahui, asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

Baca Juga: Istri Wajib Tahu, Ini 4 Kebutuhan Suami

12.  Menyehatkan jantung

Manfaat bunga telang yang sangat penting ini, dipercaya bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah sebabnya, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.

Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang bisa menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan.

13. Berpotensi mengatasi gejala diabetes

Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, dibuktikan bahwa kembang telang dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah pada pasien diabetes.

Namun, tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kembang telang ini!

14.  Anti HIV dan Anti Kanker

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, bunga telang mengandung sikloidida yang memperlihatkan efek anti HIV.

Selain itu, bunga telang juga akan membunuh sel kanker yang mengganggu integritas membran sel sehingga bisa dikonsumsi sebagai solusi kanker alami.

15. Mengatasi Hipertensi

Bunga telang juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk diuretik yang bisa meningkatkan kencing dan mengurangi masalah darah sehingga baik untuk menurunkan hipertensi serta menurunkan berat badan.

16. Mengatasi Demam

Dalam bunga telang juga memiliki sifat anti piretik yakni menurunkan demam dengan cara melebarkan pembuluh darah di bawah lapisan kulit. Dengan semakin meningkatnya aliran darah, maka demam akan lebih cepat diturunkan.

17. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sebagai pengganti obat sakit kepala komersil, anda bisa menggunakan bunga telang ini sebagai obat alami untuk mengatasi sakit kepala yang sudah terbukti khasiatnya.

18. Menyembuhkan Bisul

Bisul atau abses yang terjadi pada permukaan kulit juga bisa diatasi dengan bunga telang. Caranya adalah dengan menghaluskan bunga telang bersama gula jawa kemudian dibalurkan pada bisul atau abses secara teratur.

19. Mengatasi Sakit Telinga

Khasiat selanjutnya dari bunga telang adalah untuk mengatasi sakit telinga. Untuk cara penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan mengoleskan ekstrak dari bunga telang yang sudah dicampur dengan garam pada telinga. Lakukan cara ini secara teratur hingga sakit telinga bisa disembuhkan.

Baca Juga: 3 Rumus Mendidik Anak ala Ali Bin Abi Talib

20. Mengobati Gigitan Serangga

Gigitan serangga bahkan ular beracun juga bisa diatasi secara alami dengan bunga telang ini.

Ekstrak bunga telang bisa dijadikan pertolongan pertama terhadap gigitan serangga atau hewan berbisa sebelum dibawa menuju rumah sakit.

21. Mengatasi Kerontokan Rambut

Bunga telang sudah digunakan oleh masyarakat Thailand cukup lama sebagai pengobatan kebotakan untuk pria dan juga mengatasi uban prematur.

Salah satu kandungan utamaanthocyanin akan memperlancar aliran darah di kulit kepala sehingga folikel rambut bisa semakin kuat.

Selain itu, cara membuat ramuan dari bunga Telang pun sangat mudah, yakni dengan tahapan sebagai berikut:

Pertama, cuci bersih bunga telang setelah dipetik, kemudian keringkan dan diamkan selama 30 menit atau dilap dengan paper towel.

Kemudian, letakkan 5 bunga telang pada 1 gelas

Tuang 100 ml air mendidih pada gelas yang telah diisi bunga telang.

Selanjutnya, aduk atau tekan bunga dengan sendok hingga warna biru keluar, lalu Tambahkan gula batu/madu, aduk kembali sampai tercampur rata.

Tambahkan air biasa atau es batu sesuai selera.

Agar rasanya lebih segar, bisa  juga ditambahkan air perasan lemon.

Perlua Anda ketahui, bahwa bunga telang sering kali diolah menjadi berbagai bentuk makanan ataupun dinikmati sebagai teh.

Cara membuat teh bunga telang, juga cukup mudah untuk dilakukan. Pertama, Petik 10 kelopak bunga telang, baik segar ataupun dalam bentuk kering, kemudian rendam ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 15 menit

Baca Juga: Begini Resep Sayur Lodeh yang Bikin Nagih dan Disukai Anak

Saat kelopak bunganya sudah tidak berwarna biru lagi, buanglah kelopaknya, dan saring airnya. Jika warna kelopaknya sudah menghilang, maka air panasnya akan berwarna biru keunguan. Teh bunga telang sudah siap diminum.

Dengan demikian pula, Sebelum mengosumsi Bunga telang ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

Sebab, riset untuk menggali manfaat bunga telang, masih terbatas pada penelitian hewan saja. Penelitian pada manusia, untuk membuktikan manfaat bunga ini, masih diperlukan. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga