Menag Imbau Shalat Tarawih Gunakan Speaker Dalam, Ini Aturannya

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
Menag Imbau Shalat Tarawih Gunakan Speaker Dalam, Ini Aturannya
Tata cara penggunaan speaker suara Masjid dibagi dalam 3 ketentuan. Foto: Repro Liputan 6

" Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau agar pelaksanaan salat tarawih selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah mengenakan speaker dalam Masjid "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau agar pelaksanaan salat tarawih selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah mengenakan speaker dalam Masjid.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran yang telah dirilis perihal 'Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Di Masjid dan Musala'.

Dikutip dari Okezone.com, aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Baca Juga: Sesuai Prediksi BRIN, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh Selasa 12 Maret 2024

"Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, dikutip dalam laman resmi Kemenag, Senin (11/3/2024).

Adapun tata caranya, dikutip dari Liputan6.com, penggunaan speaker suara Masjid dibagi dalam 3 ketentuan seperti saat waktu salat, azan, dan Kegiatan Syiar Ramadhan termasuk melingkupi gema takbir Idul Fitri dan Idul Adha:

1. Subuh

- Sebelum adzan pada waktunya pembacaan Al Quran atau selawat/tarhim dapat menggunakan pengeras suara luar dalam jangka waktu paling lama 10 menit.

- Pelaksanaan salat subuh dzikir doa dan kuliah subuh menggunakan pengeras suara dalam.

2. Zuhur, Ashar, Magrib dan Isya

- Sebelum adzan pada waktunya pembacaan Al-Qur'an atau selawat/tarhim dapat menggunakan pengeras suara luar dalam jangka waktu paling lama 5 menit.

Baca Juga: Simak Link dan Cara Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2024 Versi Kemenag

- Sesudah adzan dikumandangkan yang digunakan pengeras suara dalam.

3. Jumat

- Sebelum adzan pada waktunya pembacaan AlQuran atau selawat/tarhim dapat menggunakan pengeras suara luar dalam jangka waktu paling lama 10 menit.

- Penyampaian pengumuman mengenai petugas Jumat, hasil infak sedekah pelaksanaan khutbah Jumat, salat, zikir, dan doa menggunakan pengeras suara dalam. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga