Mengenal Lentera Fanous Tradisi Ramadan di Mesir, Berawal dari Merayakan Lahirnya Dewa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
Mengenal Lentera Fanous Tradisi Ramadan di Mesir, Berawal dari Merayakan Lahirnya Dewa
Lentera tradisional Mesir berawal dari merayakan lahirnya dewa. Foto: Repro Tempo.co

" Fanous adalah pemandangan umum di sebagian besar negara Muslim alias mayoritas negara di seluruh dunia saat ini "

MESIR, TELISIK.ID - Lentera Ramadan tradisional, atau fanous, telah mulai menghiasi ibu kota Mesir, Kairo, muncul di rak, jendela toko, dan di sebagian besar rumah tangga Muslim di negara itu.

Melansir Jurnalsoreang, meskipun asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke Mesir kuno ketika digunakan selama festival tahunan untuk merayakan kelahiran dewa-dewa terkemuka di jajaran firaun seperti Osiris, Horus, Isis, Seth dan Nephthys, fanous adalah pemandangan umum di sebagian besar negara Muslim alias mayoritas negara di seluruh dunia saat ini.

Penggunaannya dalam mendekorasi rumah dan ruang publik dalam perayaan Ramadan berawal dari penaklukan Fatimiyah di Mesir, ketika Al Muizz Lideenillah, yang merupakan nama salah satu jalan paling terkenal di Kairo Islam, tiba di Mesir selama Ramadan dan konon disambut oleh penduduk asli memegang lentera.

Orang Mesir dilaporkan menyalakan lentera sepanjang bulan untuk menyambut Lideenillah, yang cukup terpesona dengan pemandangan itu dan menetapkannya sebagai tradisi untuk diamati setiap tahun.

Namun, sejarawan setuju bahwa mungkin ada lebih banyak cerita ini daripada yang terlihat karena Fatimiyah adalah penakluk Syiah yang mengambil alih wilayah Sunni pada saat itu.

Awalnya berisi lilin atau minyak dan sumbu, desain lentera Islam diperbarui dari versi yang berasal dari Mesir kuno seperti dikutip Jurnal Soreang dari thenationalnews.com.

Baca Juga: Tradisi Buka Puasa di Turki Kembali Ada, Ratusan Ribu Orang Makan Gratis Sebulan Penuh

Sementara desain tradisional paling populer bagi sebagian besar pembeli saat ini, desain telah diberi sentuhan modern selama beberapa dekade terakhir untuk menyertakan lentera yang dibuat dalam bentuk tokoh budaya pop dan karakter kartun yang dinikmati oleh anak-anak.

Yang lain dihiasi dengan gambar pemain dan aktor sepak bola terkemuka. Salah satu wajah paling umum yang ditempel di lentera saat ini adalah wajah bintang sepak bola Mohamed Salah.

Lampion-lampion modern ini seringkali dilengkapi dengan lampu berkelap-kelip dan pengeras suara yang memainkan lagu-lagu tradisional Ramadan.

Lentera modern cukup murah, tidak seperti desain tradisional kelas atas yang lebih rumit yang biasanya terbuat dari kuningan bertatahkan kaca berwarna dan diproduksi oleh pengrajin profesional di distrik Islam negara itu.

Pembuatan kipas tetap menjadi salah satu kerajinan tangan paling produktif yang dipraktikkan oleh pengrajin Mesir, banyak di antaranya mewarisi tradisi dari ayah dan kakek mereka.

Baca Juga: Negara-Negara Ini Larang Warga Muslim Puasa di Bulan Ramadan, Nomor 3 Alasannya Tak Masuk Akal

“Saya membuatnya sendiri,” kata Mohamed Mohamed, dilansir dari Thenational.com, sambil menunjuk lentera di toko keluarganya di Islamic Cairo.

“Kami memiliki bengkel tidak jauh dari sini di mana kami membuat semua lentera kami. Saya dan saudara laki-laki saya melakukan sebagian besar pekerjaan tetapi ayah kami mengawasi pekerjaan kami.”

Menurut sejarawan Islam era Mamluk Taqi Al Maqrizi, lentera adalah bagian yang sangat umum dari perayaan di Mesir, bahkan untuk agama lain.

Dia mengatakan, mereka bahkan digunakan dalam perayaan Natal di seluruh negeri sebelum ditaklukkan oleh Fatimiyah Syiah yang menjadikan Kairo ibu kota kerajaan mereka yang berumur pendek. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga