Negara-Negara Ini Larang Warga Muslim Puasa di Bulan Ramadan, Nomor 3 Alasannya Tak Masuk Akal

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
0 dilihat
Negara-Negara Ini Larang Warga Muslim Puasa di Bulan Ramadan, Nomor 3 Alasannya Tak Masuk Akal
Muslim di China pernah dilarang keras untuk melaksanakan puasa. Foto: Repro Sindonews

" Tak hanya berat karena lebih banyak godaan dan atmosfer Ramadan yang tak sekental di negara-negara mayoritas Muslim, ada beberapa negara yang melarang warganya menjalankan ibadah puasa "

KENDARI, TELISIK. ID - Bulan Ramadan yang dinanti oleh sebagian besar umat Muslim, bisa kita nikmati dengan mudahnya di Indonesia.

Lain halnya dengan mereka yang berada di negara dengan penduduk Muslim yang sedikit alias menjadi minoritas.

Tak hanya berat karena lebih banyak godaan dan atmosfer Ramadan yang tak sekental di negara-negara mayoritas Muslim, ada beberapa negara yang melarang warganya menjalankan ibadah puasa bahkan menetapkan hukuman bagi yang menjalan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Berikut Telisik.id merangkum deretan negara yang larang warga Muslim puasa di bulan Ramadan dilansir dari berbagai sumber.

1. Myanmar

Melansir Teen.co.id, tekanan terhadap Muslim etnis Rohingya di Myanmar oleh pemerintahnya sendiri ternyata juga termasuk dalam ibadah puasa Ramadan. Otoritas setempat mengancam akan menangkap siapa pun yang menjalankan ibadah yang biasa dilakukan umat Islam, termasuk juga ibadah puasa.

Kondisi ini masih belum berubah hingga sekarang, namun Pemerintah Myanmar menolak menyebutnya sebagai kebijakan resmi mereka.

2. India

Pemerintah India memang mengeluarkan larangan resmi yang melarang warganya untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Tapi toleransi antar umat beragama yang masih sangat rendah, sering menimbulkan konflik, tak terkecuali tentang berpuasa.

Baca Juga: Yuk, Intip Tradisi Warga Palestina Saat Ramadan

Pada 2014 lalu, seorang anggota parlemen diketahui memaksa seorang pekerja restoran yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk memakan roti di siang hari. Ia tega memaksa pekerja tersebut konon akibat kesal karena tidak ada makanan di kantin yang dijaga pekerja Muslim tersebut.

3. Inggris

Melansir 99.co, walau kini dikenal lebih terbuka pada agama Islam dan pemeluknya, termasuk untuk urusan beribadah, beberapa sekolah di London masih menerapkan aturan larangan menjalankan puasa.

Baca Juga: 45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadan Dimulai Sabtu 2 April 2022

Alasannya tidak masuk akal, ibadah puasa dianggap mengganggu kegiatan belajar anak. Hal ini ditegaskan melalui surat resmi yang dikirim kepala sekolah kepada orang tua murid, berisi imbauan agar anak tidak berpuasa selama hari sekolah.

4. Tiongkok

Penduduk suku Uighur di Xinjiang, Tiongkok mayoritas beragama Islam. Pemerintah setempat pernah menerapkan aturan yang melarang orang-orang Muslim suku Uighur untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun kini, aturan tersebut tak lagi berlaku. Ramadan di wilayah tersebut kini dapat dijalankan pemeluk agama Islam dengan tenang dan meriah, layaknya di negara lain. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga