Menjawab Era Globalisasi, Ini Tiga Jurusan Baru di Unsultra

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
0 dilihat
Menjawab Era Globalisasi, Ini Tiga Jurusan Baru di Unsultra
Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr. Andi Lukman (kanan) saat menandatangani SK pendirian tiga jurusan di Unsultra, yang didampingi secara langsung oleh Rektor Unsultra, Prof.Dr. Andi Bahrun (kiri). Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik.

" Demi terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kembali membuka tiga jurusan baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Demi terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kembali membuka tiga jurusan baru yaitu Teknik Geologi, Program Studi Agribisnis, dan Program Studi Kimia.

Rektor Unsultra, Prof.Dr. Andi Bahrun mengatakan, pembuka tiga jurusan tersebut, adalah sebagai bukti dari Unsultra, bagaimana bisa memberikan sebuah akses dan layanan pendidikan bagi masyarakat, agar bisa mendapatkan pengetahuan yang layak dan berkualitas.

"Pembukaan tiga jurusan tersebut adalah, sebagai sebuah langkah kongkrit Unsultra, bagaimana sebagai perguruan tinggi, hadir untuk bisa menjawab dan memberikan akses pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Melalui berbagai bidang keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan," ucapnya, Rabu (15/6/2022).

Lanjut dia, tiga jurusan yang baru ini merupakan sebuah hasil riset yang telah dilakukan. Di mana ketiga jurusan tersebut, sangat paling dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami membuka jurusan berdasarkan kebutuhan. Artinya tiga jurusan ini memang sangat diperlukan oleh masyarakat dalam menghadapi era disrupsi atau globalisasi saat ini. Seperti jurusan tambang, yang memang lagi dibutuhkan, akibat banyaknya proyek pertambangan di Sulawesi Tenggara. Sehingga ke depan kami akan terus melakukan seperti itu, melihat apa yah dibutuhkan," jelasnya.

Terkait persoalan SDM nya, kata dia, pastinya sudah sangat siap, artinya telah memenuhi standar yang dibutuhkan, untuk berdirinya sebuah jurusan atau program studi.

"Pastinya SDM nya sudah siap, karena itu menjadi persyaratan wajib jika ingin mendirikan sebuah jurusan. Yang jelasnya, di penerimaan mahasiswa baru tahun ini, tiga jurusan tersebut sudah akan menerima mahasiswa, dengan kuota sebanyak dua kelas," katanya.

Baca Juga: Bersiap, Besok Pendaftaran Jalur SMMPTN UHO Dibuka

Tentunya pendirian jurusan ini, bukan hanya sekedar hadir dan kemudian akan ditutup. Tetapi bagaimana ke depan jurusan ini bisa menjadi sektor pendidikan penting, untuk menghadiri SDM yang unggul, berkompeten, dan berkualitas.

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr. Andi Lukman, yang memberikan SK pendirian tiga jurusan, mengucapkan selamat kepada Unsultra, yang telah berhasil mendirikan tiga jurusan baru.

Baca Juga: Calon Siswa Baru Wajib Tahu, Ini Kuota Sekolah Favorit Kota Kendari 2022

"Kita sangat bangga terhadap Unsultra, di mana mereka telah berhasil mendirikan 8 jurusan baru dari tahun kemarin, tentunya ini menjadi sebuah bentuk pencapaian yang sangat luar biasa, dan kami sebagai lembaga LLDIKTI, mendukung penuh berbagai hal untuk pengembangan perguruan tinggi. Pastinya kehadiran tiga jurusan baru ini, bisa memberikan peluang bagi masyarakat, untuk memilih berbagai jurusan yang diminati," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga