Bersiap, Besok Pendaftaran Jalur SMMPTN UHO Dibuka

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
0 dilihat
Bersiap, Besok Pendaftaran Jalur SMMPTN UHO Dibuka
Proses pelaksanaan UTBK SBMPTN di UHO beberapa waktu lalu. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Mulai tanggal 16 sampai 30 Juni 2022, Univeritas Halu Oleo (UHO) Kendari bakal membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) "

KENDARI, TELISIK.ID - Mulai besok tanggal 16 sampai 30 Juni 2022, Univeritas Halu Oleo (UHO) Kendari bakal membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, seleksi mandiri ini adalah gelombang terakhir untuk penerimaan mahasiswa baru UHO di tahun 2022.

"Ini gelombang terakhir, jadi para calon maba harus betul-betul memanfaatkan momentum ini untuk mendaftar di berbagai jurusan yang ada, sesuai dengan minat dan bakatnya," ungkapnya kepada Telisik.id, Rabu (15/6/2022).

Terkait syarat pendaftaran jalur mandiri, kata dia, maksimal harus lulusan SMA tiga tahun terakhir. Dan itu menjadi syarat wajibnya, jika melebihi dari itu, maka tidak akan diterima untuk mendaftar jalur mandiri.

"Itu kan sudah menjadi ketentuan bersama. Untuk syarat lainnya yaitu harus memiliki nilai rapor, ijazah dan berbagai berkas pendukung lainnya. Yang jelasnya berbagai persyaratan untuk mendaftar jalur mandiri itu tidak ribet, hanya berkas-berkas secara umum saja yang dibutuhkan," jelasnya.

Dirinya pun meminta kepada calon maba harus percaya dengan kemampuan diri sendiri, harus jujur dan jangan percaya pada calo. Karena seleksi mandiri ini benar-benar akuntabel atau berdasarkan hasil yang didapat oleh peserta, di mana nilai tertinggilah yang akan lulus.

Sementara itu, Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu mengatakan, untuk pendaftaran jalur mandiri, sepenuhnya dilakukan secara online, jadi para pendaftar bisa mendaftar kapan dan dari mana saja.

Baca Juga: Tenaga Honorer Garda Terdepan Atasi Kekurangan Guru

"Para pendaftar bisa langsung mengunjungi website http://regsm.uho.ac.id, di mana semua jalur dan persyaratan sudah tertera di website. Jadi para peserta bisa melihat apa saja yang perlu disiapkan untuk mendaftar jalur mandiri," katanya.

Terkait proses seleksi jalur mandiri, berbasis Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang akan dilaksanakan kurang lebih sekitar lima hari. Peserta diwajibkan menggunakan masker selama mengikuti ujian untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Salah satu calon maba, Bima mengungkapkan, dirinya akan mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lulus jalur mandiri ini.

Baca Juga: Calon Siswa Baru Wajib Tahu, Ini Kuota Sekolah Favorit Kota Kendari 2022

"Meskipun hasil tes SBMPTN belum keluar, tapi kita persiapkan memang dari sekarang, jangan sampai tidak lulus. Secara otomatis harus mendaftar lagi di jalur mandiri, tentunya persiapan belajar dan lain sebagainya harus dilakukan dari sekarang, agar bisa mendapatkan hasil terbaik nantinya," ujarnya.

Sebagai informasi, pendaftaran SMMPTN dimulai dari tanggal 16-30 Juni, pembayaran biaya pendaftaran 23-30 Juni, pencetakan kartu ujian 1-10 Juli, pelaksanaan UTBK 11-15 Juli, pengumuman 25 Juli, pembayaran biaya pemeriksaan pendaftaran 27-29 Juli. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga