Mentan RI Bakal Salurkan Bantuan Pertanian Saat Berkunjung ke Kabupaten Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 08 Januari 2024
0 dilihat
Mentan RI Bakal Salurkan Bantuan Pertanian Saat Berkunjung ke Kabupaten Konawe
Pimpinan Pemkab Konawe saat audiensi di Kementerian Pertanian RI. Foto: Ist.

" Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Amran Sulaiman dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Konawe, tepatnya di Kecamatam Tongauna Utara pada 11 Januari 2024 "

KONAWE, TELISIK.ID - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Amran Sulaiman dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Konawe, tepatnya di Kecamatam Tongauna Utara pada 11 Januari 2024.

Sebelum ke Tongauna Utara, Mentan terlebih dahulu akan berkunjung ke Konawe Utara pada 10 Januari 2024.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menyebut, kedatangan Mentan RI ke Konawe berkat kunjungan dirinya di Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya nanti, Mentan dijadwalkan akan memberikan beberapa bantuan seperti alat pencetakan sawah, alsintan, peternakan sapi, bantuan bibit padi dan jagung, serta pupuk.

Baca Juga: Laporan Kinerja 100 Hari Pj Bupati Konawe Diterima Kemendagri RI

Harmin mengaku, akan terus mendorong sektor pertanian dalam kepemimpinannya.

Saat ini, kata dia, sawah fungsional atau produktif di Kabupaten Konawe seluas 29 ribu hektare dari potensi sawah sebesar 114 ribu hektare.

"Kita ingin brand Konawe sebagai Kota Padi (makin terkenal). Makanya kita akan optimalkan (sawah produktif) 50 ribu hektare," jelasnya.

Kedepan, kata dia, pihaknya berharap potensi lahan sawah 114 ribu hektare di Konawe ini bisa tergarap semua.

"Kalau 114 ribu hektare ini optimal, kita akan buat BUMD Bidang Pangan dan rencana itu sudah saya laporkan ke bidang pertanian," bebernya.  

Harmin menyebut, kalau sektor tanaman pangan Konawe kuat maka itu akan linier dengan brand Konawe sebagai Kota Padi, serta lapangan kerja akan tersebar merata dengan asumsi sektor pertanian hilirisasi.

Baca Juga: Laporan 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe Bakal Disampaikan ke Kemendagri

"Kalau ini tercapai, sektor lain tak perlu. Dan kalau saya, Konawe memang harus fokus di sektor pertanian," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Konawe, Gunawan Samad mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan audiensi ke Mentan RI bersama Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dan Perwira Penghubung Konawe, Letkol Azwar Dinata.

Dalam Audiensi, lanjut Gunawan, mereka membahas berbagai isu dan program pertanian yang menjadi fokus pengembangan di Kabupaten Konawe.

"Serta upaya untuk meningkatkan produksi pangan dan pengelolaan hasil pertanian dari hulu ke hilir dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani," jelasnya. (Adv-B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga