Honorer di Muna Barat Sembunyikan Mobil Dinas, Pj Bupati Bakal Lapor APH

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
Honorer di Muna Barat Sembunyikan Mobil Dinas, Pj Bupati Bakal Lapor APH
Randis pejabat Muna Barat yang dikumpulkan di Rujab Bupati. Foto Sunaryo/Telisik

" Meski telah dilayangkan pemberitahuan secara resmi melalui surat, masih banyak pejabat yang ogah mengembalikan randis "

MUBAR, TELISIK.ID - Total jumlah kendaraan dinas di Muna Barat yang digunakan eselon III dan IV mencapai 780 unit. Terdiri dari 148 mobil dan 632 sepeda motor.

Kini, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, mulai mengumpulkan seluruh aset daerah itu di rumah jabatannya (rujab) di Kelurahan Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep). Apel Randis itu sengaja dilakukan dalam rangka penertiban, sehingga penggunaanya sesuai peruntukannya.

Sayangnya, meski telah dilayangkan pemberitahuan secara resmi melalui surat, masih banyak pejabat yang ogah mengembalikan randis.

Parahnya lagi, ada honorer yang menyembunyikan satu unit mobil. Bahri pun murka. Ia langsung menginstruksikan pada Kasat Pol PP, Liber, untuk melakukan pencarian.

"Saya beri waktu hingga besok (Rabu), bila tidak dikembalikan saya akan laporkan pada Aparat Penegak Hukum (APH)," tegas Bahri, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Tidak Kembalikan, Randis Ditarik Paksa dan Tak Dapat TPP

Saat ini, jumlah randis yang terkumpul baru sebagian kecil. Motor misalnya, baru 422  unit. Sisanya, 210 unit belum dikembalikan.

"Infonya 12 unit ada di bengkel karena rusak. Pol PP saya perintahkan untuk cari," terangnya.

Lain lagi dengan mobil. Dari 148 unit, baru terkumpul 27 unit. Sisanya, 121 unit tidak ditahu keberadaanya. Bahkan, parahnya lagi, ada honorer yang menyembunyikan satu unit mobil dinas.

"Saya juga heran. Bukan pejabat tapi bisa-bisanya membawa randis. Pol PP harus mencari mobil itu, bila tidak dapat, saya akan minta bantuan Polres dan Kejari Muna," terangnya.

Jebolan STPDN 07 itu mengaku, jumlah  randis sangat banyak, khususnya sepeda motor. Karenanya, mulai tahun depan, dia tidak inginkan lagi ada pengadaan sepeda motor. Parahnya, randis itu banyak digunakan oleh honorer.

Baca Juga: Hujan Deras Hiasi Kemeriahan Pembukaan Olahraga HUT RI di Konawe Selatan

"Tidak ada lagi pejabat yang menguasai randis lebih dari satu," tegasnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Muna Barat, Liber, mengaku telah mengantongi nama-nama pejabat yang belum mengembalikan randis. Bila tidak dikembalikan, ia akan turun langsung melakukan pencarian.

"Khusus mobil yang disembunyikan honorer itu, kita sudah tahu keberadaanya. Tinggal kita tunggu besok (Rabu) dikembalikan atau tidak. Bila tidak dikembalikan, kita tarik paksa," tegas mantan Kadis PTSP itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga