Pj Bupati Muna Barat Desak Polda Sulawesi Tenggara Usut Tuntas Pelaku Penghinaan Suku Muna

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Desak Polda Sulawesi Tenggara Usut Tuntas Pelaku Penghinaan Suku Muna
Pj Bupati Muna Barat, Bahri turut mengecam pelaku penghinaan suku Muna dan mendesak Polda Sulawesi Tenggara untuk usut tuntas kasus tersebut. Foto: Ist.

" Penghinaan suku Muna tuai kecaman dari berbagai pihak. Tak terkecuali Pj Bupati Muna Barat, Bahri "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Penghinaan suku Muna tuai kecaman dari berbagai pihak. Tak terkecuali Pj Bupati Muna Barat, Bahri, mendesak Polda Sulawesi Tenggara mengusut tuntas serta memproses hukum pelaku.

Penghinaan terhadap suku Muna berasal dari postingan akun Facebook Aldi Aldi yang menyatakan, berdasarkan penelitian asal usul masyarakat pulau Muna berawal dari para budak yang dipekerjakan oleh para bangsawan kerajaan di masa lampau.

Ini menimbulkan banyak reaksi publik dari seluruh kalangan terutama dari masyarakat suku Muna. Akun Aldi Aldi telah dilaporkan secara resmi oleh perwakilan Aliansi Masyarakat Muna Menggugat, La Ode Muhram Naadu.

"Penyebaran informasi bersifat merendahkan masyarakat Muna dan menyebabkan kebencian," ungkap Muhram.

Kemudian gelombang aksi masyarakat Muna juga terus menuntut agar pelaku segera ditangkap, sebab hingga saat ini pelaku belum juga ditangkap.

Baca Juga: Penghinaan Suku Muna, Bupati: Ini Persoalan Genting, Polisi Harus Gerak Cepat

Gelombang aksi protes akan kembali turun dengan jumlah massa yang lebih besar ke Polda, untuk mempertanyakan sejauh mana penanganan kasus penghinaan tersebut.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat konferensi pers mengatakan, penghinaan terhadap suku Muna telah menimbulkan kegaduhan dan reaksi emosional bagi komunitas masyarakat Muna.

"Pernyataan itu tidak berdasar dan tidak dapat dibuktikan secara ilmiah," ungkap Bahri kepada awak media, Senin (12/6/2023).

Bahri mengatakan, argumen dan narasi itu ialah suatu penghinaan yang menimbulkan kerugian moril bagi komunitas suku Muna.

Untuk itu, Bahri menyatakan selaku bagian dari masyarakat Muna, ia mengutuk keras atas postingan yang mencemarkan nama baik dan martabat masyarakat suku Muna.

Ia menambahkan, masyarakat Muna merupakan komunitas yang senantiasa menghargai adat, istiadat, budaya, nilai, moral, dan agama. Sehingga masyarakat Muna selalu mengedepankan rasa saling menghargai dan tidak pernah menghina suku dan ras tertentu.

Baca Juga: Jalan Depan UHO Diblokade, Buntut Dugaan Penghinaan Suku Muna

Ia menambahkan, sebagai pimpinan daerah, ia menilai postingan penghinaan suku Muna yang beredar di sosial media ialah sebuah tindakan yang mempermalukan, merendahkan, serta menghina rakyat, martabat, dan harga diri masyarakat Muna.

Untuk itu, ia meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan kasus penghinaan suku Muna, serta melakukan proses hukum terhadap pelakunya.

Kemudian ia mengajak masyarakat untuk menjaga stabilitas daerah dan bersama-sama mengawal aparat penegak hukum dalam melakukan penyelidikan serta proses hukum terhadap oknum yang melakukan penghinaan terhadap suku Muna. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga