Meski Belum Pasti Digelar Tahun Ini, DLHK Kendari Tetap Lakukan Pembinaan Adiwiyata

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
0 dilihat
Meski Belum Pasti Digelar Tahun Ini, DLHK Kendari Tetap Lakukan Pembinaan Adiwiyata
Salah satu SD di Kendari yang menata kebersihan lingkup sekolah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Pelaksanaan lomba Adiwiyata tahun 2021 ini menunggu arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup. "

KENDARI, TELISIK.ID – Pelaksanaan lomba Adiwiyata tahun 2021 ini menunggu arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Lingkungan dan Adiwiyata DLHK Kendari, Ratna. Ia mengaku sudah berkoordinasi dan berkonsultasi dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH.

“Iya, jadi kami sudah berkoordinasi dan berkonsultasi dengan kementerian untuk memastikan bahwa tahun ini memang ada penilaian, cuma menyesuaikan dengan dinamika naik turunnya pandemi di setiap daerah,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Kendati waktu pelaksanaan belum ada kepastian, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah untuk persiapan menghadapi Adiwiata ini jika memang akan dilaksanakan.

Baca juga: DLHK Sering Temukan Batang Pohong Dibuang di Kali

Baca juga: Tata Lingkungan dengan Baik, Dewan Apresiasi Kinerja DLHK Kendari

“Kami terus melakukan pembinaan, menang kemarin ketika grafik menurun, kami sempat membuka konsultasi tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni pakai masker dan jaga jarak,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membuka ruang konsultasi Adiwiata ini dalam grup WhatsApp. Dimana, dalam grup tersebut terdapat para kepala sekolah dan beberapa timnya.

“Dalam grup itu kami terus membagikan informasi, termasuk materi-materi tentang pengelolaan lingkungan hidup,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati berharap, menjaga kebersihan ini jangan hanya saat dalam perlombaan saja, tapi harus juga dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam mengelola sampah ini agar lingkungan bisa bersih, semua elemen harus terlibat. Bukan hanya saat lomba saja, tapi setiap saat. Dan bukan hanya pemerintah saja, tapi juga semua elemen masyarakat harus lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan,” harapnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga