Messi Gagal Penalti tak Hambat Argentina ke Semifinal Copa America 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 05 Juli 2024
0 dilihat
Messi Gagal Penalti tak Hambat Argentina ke Semifinal Copa America 2024
Pendukung Timnas Argentina tak henti memberikan dukungan kepada Lionel Messi meski gagal mengeksekusi penalti ke gawang Ekuador dalam perempat final Copa America 2024. Foto: Buda Mendes/AFP

" Argentina memastikan lolos ke semifinal Copa America 2024 setelah menumbangkan Ekuador 4-2 melalui adu penalti di Stadion NRG di Houston, Jumat (5/7/2024) pagi WIB "

HOUSTON, TELISIK.ID - Argentina memastikan lolos ke semifinal Copa America 2024 setelah menumbangkan Ekuador 4-2 melalui adu penalti di Stadion NRG di Houston, Jumat (5/7/2024) pagi WIB.

Kiper Argentina, Emi Martinez, membuat dua penyelamatan saat adu penalti menyusul hasil imbang 1-1 dalam waktu normal 2x45 menit. Tidak ada perpanjangan waktu dalam pertandingan sistem gugur Copa América 2024 selain di final.

Ketika adu penalti, tendangan Lionel Messi membentur mistar atas gawang Ekuador yang dikawal Alexander Domínguez. Namun, Martinez meninggalkan dua tendangan pemain Ekuador, Angel Mena dan Alan Minda.

Empat penendang Argentina berikutnya setelah Messi berhasil mengeksekusi penalti, mereka masing-masing adalah Julian Alvarez, Alexis Mac Allister, Gonzalo Montiel, dan Nicolas Otamendi. Sedangkan dua penalti Ekuador oleh John Yeboah dan Jordy Caicedo.

Argentina di semifinal akan melawan pemenang antara Venezuela atau Kanada yang baru dimainkan pada Sabtu (6/7/2024) pagi pukul 08:00 WIB. Sementara semifinal akan berlangsung pada Rabu (10/7/2024) pagi WIB di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey.

Messi memulai pertandingan meski sebelumnya diragukan tampil karena cedera hamstring setelah absen dalam pertandingan grup terakhir mereka melawan Peru. Kapten Argentina ini pun memecahkan rekor untuk sebagian besar menit bermain dalam sejarah turnamen.

Argentina mendominasi penguasaan bola sejak awal. Tetapi Ekuador yang menciptakan peluang pertama ketika Jeremy Sarmiento menemukan ruang untuk menembak dari sudut sempit dan memaksa Martinez melakukan penyelamatan.

Namun, ketika para pendukung Argentina menyuarakan dukungan, tim mereka memimpin pada menit ke-35 saat sundulan Alexis Mac Allister meneruskan ke Martinez di tiang jauh dan bek itu mencetak gol internasional pertamanya.

Baca Juga: Copa America 2024: Duel Panas Brasil dan Kolombia Berebut Puncak Klasemen

Ekuador meningkatkan tekanan di babak kedua. Upaya untuk menyamakan kedudukan didapat Ekuador saat wasit Andres Matonte (Uruguay) memberikan penalti usai tangan Rodrigo De Paul menyentuh bola.

Kapten Enner Valencia yang mengambil tendangan penalti berhasil mengecoh kiper Martinez tapi bola membentur tiang sebelum bek Argentina, Cristian Romero, memblokir tembakan hasil rebound.

“Dia kapten dan dia mengambil penalti karena dia merasa cukup percaya diri, tetapi dia meleset. Itu terjadi dalam sepak bola. Di banyak area permainan lainnya, dia mampu berkontribusi,” kata pelatih Ekuador, Felix Sanchez, menanggapi penalti Valencia yang gagal, usai pertandingan.

Sanchez mengatakan sangat menghargai Valencia mengambil kesempatan penalti. “Ini adu keberuntungan hari ini, tidak masuk. Mungkin lain kali akan terjadi,” ujarnya.

Usai kegagalan Valencia mengeksekusi penalti, Martinez lalu menoleh ke pendukung tim dan meluapkan perasaan gembira sambil mengangkat kedua tangannya.

Tetapi ketika pertandingan memasuki tambahan waktu, Ekuador yang belum pernah mengalahkan Argentina di Copa América, menemukan gol penyeimbang. John Yeboah memberikan umpan silang ke dalam kotak penalti dan Rodriguez yang tetap onside mengarahkan sundulan melewati Martinez di menit ke-91.

Gol penyama skor 1-1 dari Rodriguez dalam waktu normal 2x45 menit memaksa dilakukan adu penalti tanpa perpanjangan waktu. Mental juara yang dipunyai Argentina memberi bukti mereka bisa lebih tenang meski Messi gagal yang menjadi eksekutor pertama.

Dua tendangan pemain Ekuador yang digagalkan Martinez membuat kiper Argentina itu tersenyum puas setelah Otamendi mencetak tendangan penentu untuk melaju ke semifinal.

Baca Juga: Copa America 2024: Uruguay Singkirkan Amerika Serikat untuk Lolos ke Perempat Final

Susunan pemain

Argentina: . Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernández, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Lautaro Martinez dan Nicolas González.

Kartu kuning: Nicolas Gonzalez, Nicolas Tagliafico

Pelatih: Lionel Scaloni

Ekuador: Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Felix Torres, William Pacho, Piero Hincapie; Alan Franco, Carlos Gruezo, Moises Caicedo, Jeremy Caicedo; Kendry Paez dan Enner Valencia.

Kartu kuning: Enner Valencia, Moises Caicedo

Pelatih: Felix Sanchez. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga