adplus-dvertising

Mistik: Cerita Tukul Arwana dan Kerajaan Jin di Cekdam Konawe

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 11 Februari 2021
4401 dilihat
Mistik: Cerita Tukul Arwana dan Kerajaan Jin di Cekdam Konawe
Gerbang masuk ke Cekdam di Konawe. Foto: Ibnu/Telisik

" 2014 kalau ndak salah Tukul pernah datang ke cekdam tapi mereka juga ndak tahan dengan gangguan mahluk halus di sana sampai-sampai teman Tukul dirasuki perempuan penunggu cekdam itu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Cekdam yang berada di Desa Toli-toli, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, menyimpan berbagai cerita penuh tanda tanya.

Seorang kakek mantan Kepala Desa Toli-toli, H. Sudin Laronga yang menjabat selama kurang lebih 30 tahun sejak 1966 sampai 1998 menceritakan sejarah dibangunnya cekdam Konawe pada masa pemerintahan Gubernur Sultra kelima, Ir. H. Alala.

Ia menceritakan, cekdam dibangun oleh pemerintah provinsi saat itu di tahun 1983 yang digunakan sebagai tempat wisata masyarakat.


"Memang dulu direncanakan akan dijadikan tempat wisata oleh Gubernur Alala yang dibangun dengan gotong-royong masyarakat. Puluhan villa juga ada di situ termasuk villa Gubernur Alala pada saat itu," ungkapnya, Kamis (11/2/2021).

Kakek Sudin juga menggambarkan cekdam zaman dulu hampir setiap hari dipenuhi pengunjung yang sekedar menghibur diri di kolam renang atau bahkan menginap di sana.

"Kalau dulu ramai, selain kolam renang dan villa, di sana ada lapangan pramuka. Dulu juga Gubernur Alala pernah adakan pameran hasil pertanian setiap desa di situ," katanya sembari merenung mengingat masa lampau.

Namun cerita Kakek Sudin hanya tinggal kenangan, kini cekdam itu sudah berubah semenjak tak terurus lagi oleh pemerintah daerah puluhan tahun lalu.

Baca juga: Ustaz Maaher At-Thuwailibi Meninggal di Rutan Mabes Polri

Saat Telisik.id berkunjung ke sana, terlihat beberapa villa yang sudah lama tidak terurus hingga ditimpa pohon beringin yang tumbang. Selain itu terlihat juga bekas kolam renang yang airnya sudah dipenuhi lumut menandakan sekian lamanya tempat itu tidak beroperasi.

Kisah mistik yang membuat bulu kuduk merinding pun sering terjadi di sana, dimulai dari penampakan seorang wanita, bangunan kerajaan jin dan kesurupan massal yang pernah terjadi di tempat itu.

"Pernah ada laki-laki mendapati perempuan yang minta diantar masuk di dalam (cekdam). Laki-laki itu melihat suasana seperti kerajaan, ada pasar, orang ramai, villa masih ada padahal cekdam itu sudah lama tidak beroperasi dan laki-laki ini juga tidak sadar ternyata dia sudah melalui itu sudah tiga hari lamanya, sampai kita temukan mobilnya di pinggir jalan tepat di depan gerbang cekdam dan dia ada dalam villa cekdam dengan kondisi telanjang," cerita salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya saat ditemui di sekitar cekdam saat sedang senso kayu jati.

Tak sampai di situ, Telisik.id pun terus menggali cerita mistis yang sering terjadi di cekdam. Maman seorang mahasiswa yang kampung halamannya berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, juga pernah mengalami kejadian tak kasat mata bahkan hampir membuatnya kecelakaan.

"Tahun 2016 ada kegiatan kampus di Batu Gong. Saat saya mau pulang ke kampung (Soropia) sekitar jam 2 malam melewati cekdam itu. Namun, saat melewati tikungan tajam yang tepat berada di depan gerbang cekdam, saya dikagetkan dengan seorang perempuan bersama anak kecil yang tiba-tiba menyeberang. Beruntung saya masih bisa kendalikan motor dan saat saya balik belakang ternyata mereka sudah ndak ada," katanya.

Maman juga menyebut, semenjak tidak aktifnya cekdam lagi, memang area itu jadi tempat yang paling angker. Bahkan artis papan atas, Tukul Arwana saat masih membawakan acara Misteri Tukul di Trans7 pernah berkunjung ke cekdam yang ada di Toli-toli, Konawe.

"2014 kalau ndak salah Tukul pernah datang ke cekdam tapi mereka juga ndak tahan dengan gangguan mahluk halus di sana sampai-sampai teman Tukul dirasuki perempuan penunggu cekdam itu," ujarnya. (A)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga